Sepuluh Mahasiswa PTKI Berprestasi Diterima Bekerja di PT. TPL

MenaraToday.Com - Toba ; 

PT. Toba Pulp Lestari, Tbk, menyambut 10 orang mahasiswa Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan yang berprestasi untuk bekerja di perusahaan itu.

Kesepuluh mahasiswa Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan merupakan  siswa berprestasi dari beberapa Kabupaten di wilayah operasional PT TPL yakni dari Kabupaten Toba, Simalungun dan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Buah yang manis pun akhirnya dapat dipetik, para penerima beasiswa tersebut berhasil menyelesaikan tanggung jawab perkuliahannya dan lulus dengan nilai yang memuaskan. Tidak hanya itu saja, para penerima beasiswa secara langsung dapat bekerja dan berkontribusi bagi PT Toba Pulp Lestari selepas mereka lulus.

Acara penyambutan para mahasiswa penerima beasiswa ini dilakukan di Aula Kecamatan Parmaksian yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Toba yang diwakilkan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Toba, Camat Parmaksian, Managemen PT TPL, serta orang tua penerima beasiswa, Kamis kemarin 2 Desember 2021.

Awalnya para penerima beasiswa mengikuti seleksi yang ketat melalui prosedur seleksi berkas, ujian tulis akademi dan psikotes, ujian wawancara, serta terakhir tes kesehatan.

Paul Manurung, sebagai salah satu siswa penerima beasiswa yang berasal dari Desa Lumban Huala, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba mengaku sangat senang dan bangga menerima beasiswa ini. Paul  mengatakan bahwa dia dan teman-temannya tidak menyangka mereka akan menerima beasiswa secara penuh dan dibiayai oleh PT Toba Pulp Lestari.

"Kami dibiayai SPP perkuliahan dari awal hingga tamat, uang saku selama kami menjalani perkuliahan, uang buku, dan juga kami diberikan uang untuk biaya praktek laboratorium", ucap Paul.

Paul juga mengatakan dengan adanya beasiswa ini menjadikannya lebih bersemangat lagi untuk belajar dan membuktikan bahwa dirinya dan teman-temannya mampu untuk bersaing dengan para pelajar lainnya di tempat ia menuntut ilmu. Paul merasa beasiswa yang diterima olehnya dan teman-temannya merupakan bukti nyata bahwa PT Toba Pulp Lestari memang peduli terhadap masyarakat disekitarnya, khususnya dibidang pendidikan.

Menambahi ucapan temannya, Tetti Lumban Batu, penerima beasiswa dari Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan mengatakan bahwa dia sangat senang dan bersyukur bisa mendapatkan beasiswa penuh dari PT TPL.

"Saya sangat bersyukur karena dimasa pandemi ini, yang kita tahu sangat susah untuk mendapatkan pekerjaan. Namun dengan adanya beasiswa dari PT Toba Pulp Lestari, kami dapat langsung bekerja diperusahaan ini", ujar Tetti dengan bangga.

Parsaoran Ambarita, selaku orangtua dari Andy Ambarita salah satu penerima beasiswa dari PT Toba Pulp Lestari yang berasal dari Desa Sihaporas Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun mengaku bahwa dirinya sangat terharu akan adanya beasiswa ini.

"Saya sangat senang dan berterimakasih atas beasiswa yang diterima oleh anak saya. Kalau dari saya mungkin belum tentu bisa menguliahkannya. Namun sekarang anak saya sudah tamat kuliahnya, bahkan sudah langsung bekerja dimasa yang sulit ini", ucap Parsaoran.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba melalui sekretaris Ricardo Hutajulu, mengatakan bahwa program ini merupakan terobosan yang luar biasa. Ricardo mengatakan bahwa siswa penerima beasiswa ini tidak hanya diseleksi secara akademis saja, tapi benar-benar dipilih dari yang terbaik untuk dapat membanggakan daerah asalnya, kata Ricardo Hutajulu Jumat (3/12/21).

"Harapan kami ke depan, PT Toba Pulp Lestari dapat terus berkontribusi dan tetap memperhatikan masyarakat disekitarnya. Kita berharap PT Toba Pulp Lestari meningkatkan hal-hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat", ujar Camat Parmaksian Paiman Butarbutar.

Sementara itu Manager Community Developmen, Ramida Siringoringo,  mengatakan bahwa bantuan pendidikan merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan terhadap pengembangan sumber daya manusia. Sumber daya yang handal akan memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas hidup manusia.

"Hal-hal baik akan kami tetap kembangkan agar masyarakat dapat terus merasakan manfaat dari perusahaan. Kami juga berharap adik-adik penerima beasiswa yang sekarang sudah bekerja di PT Toba Pulp Lestari akan memberikan kontribusi tidak hanya kepada perusahaan, tapi juga kepada perusahaan, terlebih kepada orang-orang disekitarnya", ujar Ramida. (J.Tambunan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama