Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Pilkada Harus Aman dari Covid -19 Patuhi 12 Ketentuan Saat Datang ke TPS

 

Keterangan Foto : Kepala Bidang Kesehatan (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu Ade Hermanto. SKM

MenaraToday.com - Kapuas Hulu

Kepala Bidang Kesehatan (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu Ade Hermanto, SKM menghimbau masyarakat agar tetap patuh pada protokol kesehatan saat memberikan hak pilihnya pada Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kapuas Hulu 9 Desember 2020 besok.

Untuk datang ke TPS sesuai dengan waktu yang tercantum dalam undangan, dan harus mematuhi 12 ketentuan yang sudah diatur.

"Agar dapat melaksanakan 12 ketentuan baru yang harus diperhatikan oleh para pemilih agar selalu menerapkan protokol kesehatan," pinta Ade.

Ade menyebutkan, 12 ketentuan tersebut diantaranya Pemilih wajib pakai masker di TPS, Pemilih harus menjaga jarak fisik dengan orang lain, Pemilih harus mencuci tangan sebelum dan sesudah mencoblos di TPS, Pemilih menjalani pengukuran suhu tubuh saat masuk TPS. 

"Selanjutnya pemilih memakai sarung tangan plastik dari panitia TPS saat mencoblos, Sebagai tanda sudah mencoblos, tangan pemilih ditetesi tinta artinya idak dicelup. Daftar pemilih di 1 TPS maksimal 500 orang," jelas Ade. 

Kemudian seluruh anggota KPPS memakai Alat Pelindung Diri (masker, faceshield, sarung tangan), TPS harus disemprot disenfektan secara berkala. Kemudian ada bilik khusus bagi pemilih dengan suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celcius. 

"Dilarang berkerumun dan kontak fisik selama di TPS, termasuk tidak bersalaman," kata Ade.

Selanjutnya surat Pemberitahuan Pemungutan Suara memuat info jadwal memilih, imbauan pakai masker, bawa pulpen, dan kartu identitas (KTP atau Surat Keterangan Perekaman KTP).

Ketentuan mengenai pelaksanaan protokol kesehatan dalam tahapan Pilkada, termasuk pemilihan, sudah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020, yang kemudian direvisi dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2020.

Ditegaskan Ade Hermanto lagi, penerapan protokol kesehatan penting diperhatikan oleh penyelenggara pemilu, peserta pemilu, maupun pemilih.

"Harapan saya, pada pelaksanaan Pilkada kali ini, semua pihak bisa bekerja sama menciptakan Pemilu yang aman, dan bukan cuma aman seperti biasa, tapi juga aman dari Covid-19," kata Ade **


Pewarta : Bayu Hary Widodo

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !