PLTA Asahan lll Siap Beroperasi Tahun 2024

MenaraToday.Com - Asahan : 

Kontruksi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan 3 capai 55,44 %, setelah PLN selesaikan pengeboran terowongan jalur air (Headrace Tunnel).

Selanjutnya PT. PLN (Persero) terus menggenjot beroperasinya pembangkit berbasis energi baru terbarukan (EBT) untuk meningkatkan bauran energi dan mencapai target " Net Zero Emission " pada tahun 2060.

Salah satunya melalui proyek PLTA Asahan 3 berkapasitas 2 x 87 Mega Watt (MW) yang berada di Kabupaten Asahan dan Kabupaten Toba, provinsi Sumatera Utara.

Hal itu diutarakan Direktur Mega Proyek dan EBT, Wiluyo Kusdwiharto, Rabu (26/5), sekira pukul 09.00 wib, sa'at menghadiri seremonial target milestone di Work Area 2 (WA2), lokasi Pekerjaan konstruksi Tunnel PLTA Asahan 3, Dusun II, Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan.

"Saya sangat bersyukur dalam kesempatan kali ini dapat menghadiri seremonial target milestone yang sangat dinantikan yaitu Breakthrough Headrace Tunnel dengan total panjang 7,75 kilometer (km) yang merupakan critical path pada proyek ini" ujar Wiluyo.

Progres yang cukup signifikan, harapannya pembangkit ini sudah bisa beroperasi pada Maret 2024 sehingga dapat meningkatkan keandalan pada sistem kelistrikan sumatera bagian utara.

Beroperasinya PLTA Asahan 3 ini akan menurunkan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) tenaga listrik di Sistem Sumatera, sehingga diproyeksikan terdapat potensi penghematan dalam kurun waktu beroperasinya PLTA Asahan 3 tersebut.

"Dengan beroperasinya PLTA Asahan 3 yang memanfaatkan pasokan air dari Danau Toba berpotensi memberikan kenaikan kontribusi energy mix dari EBT sekitar 1,5 persen, jelas Wiluyo.

Proyek PLTA Asahan 3 mendapatkan penghargaan dari organisasi konsultan internasional FIDIC sebagai " Highly Commended Project Of The Year 2021 ”.

Proyek ini telah menggunakan aplikasi " Building Information Modelling ” yang diharapkan memberikan manfa'at yang sangat signifikan bagi management aset pengelolaan PLTA Asahan 3 nantinya.

Melalui Narahubung, Diah Ayu Permatasari, Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN, Tlp. 021 7261122, Facs. 021 7227059, masyarakat bisa mendapatkan banyak informasi tentang PLN.

Sekilas Tentang PLN, PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri.

Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused.

Seluruh agenda tersebut demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore .(SM)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama