5 Keuntungan Konsumsi Induk Kunyit

 Kunyit merupkan rempah untuk penyedap makanan, namun ternyata manfaat kunyit bukan hanya itu. Kunyit juga berguna untuk kesehatan. Untuk mengetahui 5 manfaat kunyit, simak penjelasannya sebagai berikut :


Berikut Berbagai Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan:

1. Mengobati Maag

Kunyit sudah sejak dahulu digunakan sebagai bahan alami untuk pengobatan gangguan pencenaan. Maka ketika gejala maag kambuh, kamu dapat menyeduh secangkir teh hangat dengan kunyit sebagai obat pereda rasa sakit.

2. Meredakan Nyeri Haid

Perempuan indonesia sudah tidak asing lagi dengan jamu kunyit asam sebagai obat pereda nyeri haid. kandugan kurkumin yang terdapat didalam kunyit ternyata memiliki efek pereda nyeri alami, yang bekerja dengan cara melemaskan kontraksi otot rahim penyebab kram perut. Manfaat kunyit ini semakin diperkuat oleh efek antioksidan tannin, sesquiterpenes, saponin, alkaloid, dan phlobotamin dari asam jawa yang menenangkan kontraksi otot rahim. Walaupun begitu, beberapa ahli kesehatan menyarankan wanita yang pendarahan menstruasinya berat untuk tidak mengkonsumsi  jamu kunyit.

3. Mengendlikan Diabetes

Jika kamu punya diabetes, tidak ada salahnya coba menggunakan pengobatan alami untuk mengobati gula darah tetap stabil, yaitu dengan mengkonsumsi kunyit secara rutin. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen ekstrak yang terdapat pada kunyit dapat meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan kadar gula darah, dan membuat gejala diabetes lebih mudah ditangani. Hal ini membantu menurunkan komplikasi terkait diabetes yang diakibatkan oleh peradangan. Namun walaupun begitu, masih perlu dilakukan banyak uji klinis untuk memastikan manfaat kunyit untuk diabetes.


4. Meredakan Peradangan

Kurkumin dipercaya bekerja menghambat kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh. Kurkumin juga bekerja mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin sementara meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal. Berbagai hasil uji praklinis melaporkan khasiat kunyit yang meyakinkan untuk berbagai penyakit terkait peradangan. Mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut, radang sendi, aterosklerosis, dan diabetes.

Namun, sampai saat ini belum ada penelitian besar yang dapat memverifikasi bukti-bukti manfaat antiradang kunyit bagi manusia.


5. Meredakan Perut Kembung


Kentut (Buang Gas) merupakan suatu hal yang menandakan bahwa pencernaan kita sedang baik-baik saja. Tapi apabila sudah berlebihan, maka ada yang salah pada pencernaan kita. Kurkumin membantu pergerakan otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancar untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Kuyit juga membantu lambung menghentikan produksi asam berlebihan yang menyebabkan perut kembung. 



Sumber : Herbalnatif.com
Lebih baru Lebih lama