Hidup Mandiri, Polsek Labuhan Ruku Ajarkan Budidaya Ikan Lele Dan Tanaman Hidroponik


MenaraToday.Com - Batu Bara :

Sikap mandiri yang dimiliki oleh Kapolsek Labuhan Ruku AKP Muhammad Iskad memang layak diacungkan jempol. Pasalnya ditengah-tengah kesibukannya, beliau menyempatkan diri untuk beternak lele dengan menggunakan kolam terpal dan budidaya tanaman hidroponik. Ikan-ikan yang dipeliharanya juga terlihat agresif dan sehat-sehat.


Hal itu juga berusaha ditularkannya kepada anggotanya, dirinya mengajarkan cara-cara membuat kolam dari terpal, cara pemberian pakan pada lele dan tata cara budidaya tanaman hidroponik.

Saat ini Iskad tengah membuat 4 kolam terpal dan memelihara  sebanyak 20.000 ekor bibit lele yang siap untuk dibesarkan. Juga menanam sayur-sayuran seperti daun sop dan kangkung.

Saat diwawancarai Wartawan, Kapolsek Labuhan Ruko mengaku memang sebelumnya sudah pernah melakukan kegiatan yang sama sewaktu menjabat di daerah Pulo Besar.

"Sebenarnya ini iseng-iseng aja sekaligus mengajari anggota juga, biar terbiasa mandiri dan gak malas-malasan. Kan lumayan menambah bekal pengetahuan mereka juga. Kalau ini semua dijalankan, setidaknya bisa mengurangi biaya dapurnya. Misal kalau pengen makan ikan ya tinggal dipancing atau jaring aja, terus kalau mau masak butuh sayur-sayuran ya tinggal petik aja, kan enak, jadi jangan tahunya cuma beli doang," ujarnya sambil senyum. (Dwi)
Lebih baru Lebih lama