Pangdam XII/Tpr Pimpin Alih Kodal Yonif R 641/Bru dan Yonif 642/Kps


Menaratoday.com - Kubu Raya :

Upacara Alih Kodal Yonif Raider 641/Beruang dari Kodam XII/Tanjungpura ke Brigif 19/Khatulistiwa dan Yonif 642/Kapuas dari Brigif 19/Khatulistiwa ke Korem 121/Alambhana Wanawwai dipimpin langsung oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad di Lapangan Apel Makodam XII/Tpr. 

Alih Kodal ini dilaksanakan dengan tujuan untuk lebih memaksimalkan pengendalian, pengawasan dan koordinasi serta pelaksanaan tugas di lapangan guna mendukung tugas pokok Kodam XII/Tpr.Sabtu (7/3/20)


Prosesi Alih Kodal Yonif Raider 641/Beruang dari Kodam XII/Tpr ke Brigif 19/KH dan Yonif 642/Kps dari Brigif 19/KH ke Korem 121/Abw ditandai dengan penyerahan pataka satuan serta penandatanganan berita acara serah terima.


Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, Alih Kodal tersebut merupakan wujud dari restrukturisasi TNI AD sebagai kelanjutan dari penataan internal organisasi yang berpedoman pada kekuatan pokok minimum atau minimum esential force merupakan hal mutlak untuk mewujudkan kemantapan dan kesiapsiagaan  operasional. 

"Alih kodal merupakan bagian dari upaya penanganan organisasi TNI AD dalam rangka pembangunan minimum esential force, yang nantinya diharapkan mampu menghasilkan satuan-satuan yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung setiap pelaksanaan tugas TNI AD," kata Pangdam XII/Tpr.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menerangkan, Alih Kodal tersebut sesuai dengan Surat Perintah Kasad Nomor Sprin/641/II/2020 tanggal 20 Februari 2020 tentang perintah peresmian Alih Kodal Yonif Raider 641/Beruang dan Yonif 642/Kapuas. Dengan dilaksanakannya Alih Kodal,  Yonif Raider 641/Beruang yang semula langsung di bawah kendali Kodam XII/Tpr, saat ini telah berubah di bawah kendali Brigif 19/Khatulistiwa, begitu juga dengan Yonif 642/Kapuas yang semula di bawah kendali Brigif 19/KH sejak saat ini di bawah kendali Korem 121/Abw.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menekankan kepada para unsur pimpinan yang terkait dengan pelaksanaan Alih Kodal beserta staf dan segenap jajaran Komandonya untuk melanjutkan program latihan serta menyesuaikan program kerja dan anggaran yang sedang dan akan dilaksanakan oleh satuan yang dialih kodalkan untuk membina kesiapan operasional dalam rangka mewujudkan  prajurit TNI  AD yang profesional. 

"Inventarisir semua materiil Alutsista dan sarana prasarana lainnya dengan baik sehingga satuan mendapatkan kesiapan operasional bila setiap saat digunakan," tegasnya.

Kepada seluruh prajurit, Pangdam XII/Tpr juga menekankan, agar mulai sekarang segera membentuk dan menanamkan jiwa korsa identitas kolektif dan kebanggaan dalam diri mereka bahwa Yonif Raider 641/Bru sebagai warga Brigif 19/KH dan Yonif 642/Kps sebagai bagian dari warga Korem 121/Abw.

"Saya yakin, sebagai prajurit TNI AD loyalitas kepada satuan dan institusi           adalah di atas segala-galanya dan kalian pasti mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," tutup Pangdam XII/Tpr.

Turut hadir dalam upacara Alih Kodal 
Irdam, Kapok Sahli, Danrem 102/Pjg, LO AL, LO AU, para Asisten, Kabalak dan para Komandan Satuan jajaran Kodam XII/Tpr serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tpr beserta Pengurus. (Pendam XII/Tpr/Bayu)
Lebih baru Lebih lama