Gubernur Jatim Beri Apresiasi Untuk Kampung Tangguh Desa Pandemi, Junrejo Kota Batu.


MenaraToday.Com - Malang :

Kampung Tangguh di RW 01 Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jatim Dra. Khofifah Indar Parawansa. Ia mengatakan bahwa kampung ini layak menjadi percontohan bagi kampung lain di Jawa Timur.


Dalam Kunjungan kemarin Siang, di sambut oleh Walikota, Wakil walikota, Kapolres serta Dandim 0818 di depan Gapura masuk Desa Pendem,terpantau di beri kesempatan Memberikan Sembako kepada Warga kalangan bawah sekali, melihat dokumentasi atau sejenis buku tamu, serta meninjau juga APD dan alat-alat penyemprotan Disenfectian. 

"Gotong royong yang dilakukan oleh warga kampung tangguh ini luar biasa. Ini merupakan wujud sinergi pentahelix, upaya tersebut yang dalam kondisi pandemi memang sudah seharusnya dilakukan," kata Khofifah saat berkunjung ke Kampung Tangguh Desa Pendem Kota Batu, Rabu (27/5/2020).

Seperti yang masyarakat ketahui, Kampung Tangguh merupakan model penanganan dampak Covid-19 serta penanganan secara medis sesuai protap kesehatan. Bukan sekedar kampung biasa, namun kampung satu ini menginisiasi warga dengan gerakan tangguh bencana termasuk bencana non alam, pandemi covid-19.

Dalam pengoptimalannya, di pintu masuk akan dijaga oleh petugas baik itu dari tokoh masyarakat hingga Pemdes Pendem. Sementara kelengkapan fasilitas kampung ini, dilakukan secara mandiri. Baik mulai dari logistik, karantina, medis dan dapur umum hingga unsur kelengkapan lainnya.

Di Kampung Tangguh, terdapat lumbung pangan. Lumpung Pangan ini dibuat untuk mengatasi dampak krisis pangan selama masa pandemi. Spirit yang diusung adalah spirit gotong royong dengan cara saling berbagi.

Sosialiasi dan penerapan protokol kesehatan yang baik di kampung ini juga dinilai menjadi pertimbangan yang layak dijadikan sengan rujukan kampung lain di Jawa Timur.

Menurut Khofifah, edukasi yang baik ke masyarakat akan meminimalisir adanya penolakan warga terhadap jenazah masyarakat yang terinfeksi covid-19.

"Role model yang sudah dimulai diinisiasi di Malang Raya. Ini sudah pernah dipresentasikan kepada kami termasuk di dalamnya adalah Kampung Tangguh," jelasnya. (Sofyan/Fadil)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama