Sukardi Ahmad Kukuhkan Pengurus Kelompok Wanita Maju Berkarya P2L Kepenghuluan Jumrah



Menaratodaycom - Rokan hilir Riau

Dalam rangka upaya pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk diharapkan berdampak membantu ekonomi rumah tangga melalui program P2L (Pekarangan Pangan Lestari ) mendapat sambutan dan apresiasi pihak masyarakat maupun unsur kepemerintahan  Jumrah .

Dalam kegiatan  ini  Datuk penghulu Jumrah  kecamatan Rimba Malintang  Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Sukardi Ahmad didampingi  Ketua BPkep  Luki Herman  dan Penyuluh Pertanian Lapangan  (PPL) Tumirin  mengukuhkan  kepengurusan  kelompok Wanita Maju Berkarya  dalam  kegiatan program P2L (Pekarangan Pangan Lestari )
Didusun Sukajadi  kepenghuluan Jumrah  Kamis 14/05/2020.

Pengurus P2L  Kelompok Wanita Maju Berkarya yang dikukuhkan  adalah  ketua Srirahayu , sekretaris Supratik ,bendahara Tini yang disaksikan 27 orang ibu ibu sebagai keanggotaan.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kepenghuluan Jumrah  selaku penyuluh pendamping kegiatan P2L  Tumiri  usai acara pengukuhan kepengurusan  mengatakan ,"  Program ini dilakukan  melalui anggaran  Kementerian Pertanian Republik Indonesia  yang bertujuan untuk kegiatan  para ibu rumah tangga  dalam pemanfaatan pekarangan rumah tempat tinggal.

Lanjutnya ," kegiatan Pekarangan Pangan Lestari ( P2L) merupakan satu kegiatan  usaha kaum perempuan  yang sifatnya tanaman hortikultura  yang bertujuan untuk membantu  ekonomi rumah tangga , pekerjaan hal hal sepele ,akan tetapi bermanfaat  sumber penambahan pendapatan ekonomi didalam rumah tangga

Tumiri menambahkan ,"  kegiatan ini akan kita pantau  dilapangan dan akan kita lihat kesungguhan kelompok ,karena bibitnya akan kita bantu melalui dinas pertanian Kabupaten Rohil . Saya selaku penyuluh pendamping berharap ,agar kelompok ini betul betul semangat melakukan kegiatan yang diprogramkan di kelompok ," ujarnya dengan tegas  .

Sementara Datuk penghulu Jumrah Sukardi Ahmad  mengatakan ," ucapan terima kasih kepada pihak dinas pertanian ketahanan pangan kabupaten Rohil yang telah memprogramkan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di kepenghuluan Jumrah ini ,ini dimana program ini sangat menguntungkan  bagi bagi ibu ibu rumah tangga yang berdampak hasilnya nanti dapat sedikit membantu penghasilan rumah tangga dari partisipasi kegiatan para ibu ibu . Ini sangat membantu kami dari pihak pemerintahan kepenghuluan Jumrah melalui kegiatan usaha  tanaman ragam atau sistim horticultura .

Sukardi Ahmad mengingatkan ," kepada pengurus yang baru saya kukuhkan ,kiranya untuk bersenergi dengan anggota serta sering melakukan koordinasi dengan pihak dinas pertanian dan ketahanan pangan melalui penyuluh pendamping , saya yakin dan percaya bahwa  kelompok ini dapat menjadi contoh bagi ibu ibu lain untuk mempergunakan halaman maupun pekarangan rumah sebagai taman horticultura yang dapat menghasilkan uang ,sehingga disamping mendapatkan ilmu  bercocok tanam sayuran ,dapat menambah inkam kebutuhan ekonomi rumah tangga .

Sukardi Ahmad menambahkan ,"  kegiatan program ini  untuk ditekuni dan urus dengan baik agar dapat berkembang dan berkesinambungan untuk dijadikan kegiatan rutin para ibu . Dan kepada pengurus agar mampu melakukan pengayoman terhadap anggota sehingga menimbulkan satu keharmonisan sesama pengurus dan anggota ," ucapnya secara tegas.

Ketua Badan Pengawas Kepenghuluan Jumrah , Luki Herman juga mengatakan ," ini satu kegiatan cukup baik yang diarahkan oleh dinas ketahanan pangan Rohil melalui Penyuluh yang ditugaskan di kepenghuluan Jumrah . Mudah mudahan  kegiatan ini dapat berkembang  dan maju secara bersama . Harapan saya kepada pihak pemerintahan kepenghuluan Jumrah mari kita dukung dan sukseskan program Program Pekarangan Pangan lestari ini ,agar  daerah kita ini para ibu ibu rumah tangga di kepenghuluan Jumrah maju melalui karya kereatifitas  yang dilaksanakan ,ujarnya secara singkat ..(suwarno)
Lebih baru Lebih lama