Terkait Ilegal Mining Wali Nagari Koto Beringin Diamankan Tim Krimsus Polda Sumbar

Keterangan Gambar : Excavator merek Hitachi Zax.5, 210 yang diamankan Satreskrim Polda Sumbar (foto : Syaiful Hanif) 


MenaraToday.Com – Dharmasraya :

Wali Nagari Koto Beringin, Suherman, diamankan Jajaran Satreskrimsus Polda Sumbar, bersama 6 orang warga lainnya diduga pelaku penambang tanpa izin (ilegal mining) di sepanjang aliran sungai Batanghari berada diwilayah Kenagarian Koto Beringin, Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat Kamis (2/7/2020).

Sesuai dengan informasi dihimpun Media ini dilapangan, bahwa Suherman Wali Nagari Koto Beringin bersama 6 orang anggota pekerja ilegal mining lainya di amankan Tim Krimsus Polda Sumbar saat sedang beraktifita dilokasii Galian C, diduga milik Wali Nagari tersebut.

Dalam penangkapan itu, juga diamankan 1 unit Excavator merek Hitachi Zax.5, 210, bersama satu unit truk Cold Diesel, diduga milik Syafrizal, Wali Nagari Tiumang yang hendak mengangkut galian C di tempat kejadian perkara (TKP) tersebut.

Sesuai dengan pantauan wartawan ini, hingga berita ini diluncurkan, excavator merek Hitachi Zax. 5. 210, masih dititipkan di Mapolres Dharmasraya. Sedangkan Truk Colt Diesel tidak ada lagi tampak di Mapolres daerah anyar itu.

Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah, melalui Kasat Reskrim  AKP Suyanto. SH, ketika dikonfirmasi diruang kerjanya Jumat  (3/7/20) membenarkan adanya penangkapan terhadap 7 orang diduga pelaku ilegal mining diwilayah hukum Polres Dharmasraya oleh Tim Krimsus Polda Sumbar.

"Memang benar telah dilakukan penangkapan oleh Tim Krimsus Polda Sumbar kepada 7 orang pelaku ilegal mining, dan salah seorang diantaranya adalah Wali Nagari Koto Beringin," sebut AKP Suyanto.

Ia juga menyebutkan bahwa barang bukti (BB) berupa 1 unit Excavator telah dititipkan di Mapolres Dharmasraya. Sementara itu, 7 orang pelaku langsung diangkut ke Mapolda Sumbar.

"Hanya sebatas itu, yang bisa saya berikan keterangan kepada rekan Pers. Untuk keterangan kronologis, serta keterangan lainnya, saya harap rekan Wartawan melakukan konfirmasi ke pihak Tim Krimsus Polda Sumbar," kata Suyanto.

Ditempat terpisah, salah seorang masyarakat Dharmasraya DV, sangat mengapresiasi pihak Kepolisian, terutama Tim Krimsus Polda Sumbar, telah mengungkap para pelaku ilegal mining yang telah membuat aliran sungai keruh selama ini.

“Sejauh ini, para pelaku penambang liar, tanpa mengantongi izin resmi itu, tidak pernah memikirkan keselamatan orang lain atas dampak dari perbuatan mereka," pungkas DV.  (Syaiful Hanif)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama