Hadiri Kenduri Suroan 1 Muharram 1442 H, Ini Disampaikan Bupati Asahan Kepada Warga Pujakesuma

Keterangan Gambar : Bupati Asahan, Surya Bsc saat memberikan sambutan ditengah warga Pujakesuma dalam peringatan Kenduri Suroan 1 Muharram 1442 H (Foto : Pudjie)

MenaraToday.Com – Asahan :

Dalam memperingati 1 Muharram 1442 H. Bupati Asahan, Surya, Bsc menghadiri acara Kenduri Suroan yang digelar Keluarga Besar Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) yang digelar di Dusun VIII Desa Bandar Selamat Kecamatan Aek Songsongan, Asahan, Sumatera Utara, Sabtu (29/8/2020).


Dengan menggunakan pakaian adat Jawa, Bupati Asahan memberikan apresiasi atas kegiatan peringatan Tahun Baru Islam 1442 H tersebut.

“Warga Jawa yang merupakan mayoritas penduduk di Kabupaten Aashan memiliki peran yang cukup strategis dalam pelaksanaan pembangunan, atas dasar tesebutsaya berharap agar warga Jawa dapat memelihara sifat gotongroyong dan semangat kebersamaan sebagai ciri khas masyarakat Jawa serta mengaplikasikannya dalam pembangunan khususnya di Kabupaten Asahan. Selain itu sangat penting untuk melestarikan adat dan budaya sebagai bentuk apresiasi terhadap pengaruh budaya luar kepada generasi muda kita” ujar Surya dalam sambutannya

Bupati juga menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi anjuran protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru saat ini sehingga Kabupaten Asahan terhindar dari penyebaran Covid 19.

“Hendaknya masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga penyebaran wabah covid 19 di Kabupaten Asahan dapat teratasi. Selain itu dalam menyambut Pemilu yang akan berlangsung pada tanggal 9 Desember 2020 yang akan datang, hendaknya seluruh warga dapat berpartisipasi dalam menggunakan hak pilihnya dengan menghindari golput serta terlibat dalam money politik, karena jelas melanggar UU. Pilihlah yang sesuai dengan hati karena pelihan dari masyarakat sangat berpengaruh untuk kemajuan Asahan 5 tahun kedepan” jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia yang juga Sekjen DPC Pujakesuma Kecamatan Aek Songsongan manyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Asahan beserta rombongan yang hadir dan mengikuti kegiatan peringatan 1 Muharram (Suroan) di Kecamatan Aek Songsongan.

“Terima kasih atas kehadiran Bupati beserta rombongan dalam acara ini, sekedar diketahui Tradisi Suroan dilaksanakan di bulan Muharram ini sejatinya merupakan sistem penanggalan tahun baru dalam perhitungan masyarakat Jawa Islam, oleh karena itu peringatan Tahun Baru Islam kali ini dilaksanakan dengan tradisi Suroan dengan harapan agar nilai tradisi dan budaya masyarakat Jawa dapat terus dilestarikan” jelasnya

Ditempat yang sama, Ketua DPD Pujekesuma Asahan, Wagi Trimana berharap kiranya kegiatan tersebut dapat mempererat hubungan silaturrahmi antara sesama warga Pujakesuma di Asahan khususnya di Kecamatan Aek Songsongan.

“Ketuan DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan berpesan agar seluruh pengurus Pujakesuma yang ada di Asahan maupun yang berada di Kecamatan agar terus mengajarkan dan menumbuh kembangkan budaya adat Jawa kepada generasi muda, sehingga tradisi Jawa dapat bertahan hingga masa yang akan datang” ujar Wagi.

Selain dihadiri Bupati Asahan, kegiatan tersebut juga dihadiri para OPD, Camat dan Forkopincam Kecamatan Aek Songsongan, DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan, Ketua DPC Pujakesuma Kecamatan Aek songsongan serta simpatisan Pujakesuma dan masyarakat (Pudjie)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama