Jelang Libur Idul Adha, Kakorlantas Cek Jalur Menuju Pelabuhan Merak Banten


Menaratoday.com - Jakarta

 Jelang hari raya idul adha, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiyono mengecek jalur menuju pelabuhan Merak Banten yang akan dilalui masyarakat untuk menyeberang ke Lampung.

Puncak arus mudik hari raya Idul Adha di Pelabuhan Merak Banten diprediksi terjadi hari ini, H-1 lebaran Idul Adha yang jatuh pada Jumat (31/7/2020). Hal tersebut didasari dari hasil rapat dengan pengelola pelabuhan dan jajaran Polda Banten.
   
"Diperkirakan puncaknya (mudik) Kamis, oleh karena itu kita pastikan. Kita tadi rapat di ASDP dan menerima presentasi GM ASDP persiapan pengelolaan di area pelabuhan ini seperti apa," kata Kakorlantas di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (29/7/2020) malam.       
                 
Polda banten telah mempersiapkan pengamanan secara maksimal di area pelabuhan Merak Banten. "Dirlantas sudah menjelaskan persiapan pengamanan seperti apa, dan saya yakin kesiapan mereka sudah maksimal semua," jelas Irjen Pol Istiyono.

Hasil rapat pihak PT ASDP Pelabuhan Merak dan Polda Banten menyebut bahwa pemudik tujuan Sumatera melalui Pelabuhan Merak diprediksi meningkat 15 persen untuk kendaraan roda 4 dan kenaikan 5 persen untuk kendaraan roda 2. 
     
"Tadi disampaikan GM ASDP untuk peningkatan arus yang akan mudik disini (pelabuhan Merak) diperkirakan roda empat ini mengalami peningkatan sekitar 16 persen dan roda dua sekitar 6 persen," ujar Irjen Pol Istiyono.

Kemudian pihak ASDP pelabuhan menyiapkan 68 kapal yang beroperasi di Pelabuhan Merak untuk mengangkut pemudik yang akan pulang ke kampung.

"Yang dioperasionalkan di Pelabuhan Merak ada 6 dermaga dan 1 eksekutif. Kemudian kita tinjau di lapangan aktivitas disini (pelabuhan Merak) dengan kondisi personel yang diterjunkan. Mudah-mudahan lancar sampai hari puncak besok," ucap Irjen Pol Istiyono.

Polda Banten bersama petugas ASDP akan mengerahkan sebanyak 285 orang untuk mengatur arus lalu lintas dan menjaga keamanan di sepanjang jalur menuju Pelabuhan Merak.
"285 dari Polda Banten dan dari ASDP serta TNI," jelas Irjen Pol Istiyono.

Selain itu, Kakorlantas Polri berharap bagi penumpang atau pemudik yang tidak membawa kendaraan itu betul-betul harus jaga diri untuk mematuhi protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan.
"Nah ini yang menjadi kebiasaan baru yang harus kita disiplinkan.

Jika masyarakat nanti yang datang disini baik yang tidak membawa kendaraan, penumpang biasa atau roda dua dan roda empat yang tidak pakai masker akan kita bagikan masker," tutur Irjen Pol Istiyono.
(Efrizal)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama