-->
Call Center0821-6669-1169
Admin IT0821-6787-4402

Dandim 1206/PSB Tinjau Budidaya Madu Lebah Kelulut Babinsa Embaloh Hulu

MenaraToday.Com - Kapuas Hulu :

Dalam rangka mendukung tugas anggota sebagai Babinsa diwilayah binaannya sebagai aparat teritorial, Dandim 1206/Putussibau Letkol Inf Basyaruddin, S.S mengunjungi dan mengapresiasi anggota Babinsa Koramil 1206-05/Embaloh Hulu Serda Asi sebagai pembudidaya madu lebah kelulut atau Trigona Sp., Jumat (30 Okt 2020).

Serda Asi mengatakan, sudah lebih kurang 2 (dua) Tahun menggeluti pengembangan ternak lebah kelelut jenis trigona, yang sangat bermanfaat untuk Kesehatan karena banyak kandungan Vitamin, mineral dan enzim, sebagai suplemen dan dapat menghasilkan tambahan penghasilan keluarga. 

Serda Asih mengutarakan berternak madu kelulut tidak susah namun butuh kesabaran menunggu panen cukup lama, karena dalam satu kandang (satu kotak terbuat dari papan) sekali panen bisa menunggu waktu satu tahun.Dan hasilnya lebih kurang satu botol, maksimal tiga botol" ujar Asi. 

Kualitas panen tergantung alam, kalau cuaca bagus, bunga tumbuh - tumbuhan bisa bersemi dengan bagus maka lebah kelulut akan menghasilkan madu cukup banyak. Begitu juga kalau pohon - pohon tidak bisa berbunga dengan bagus maka berpengaruh juga ke produksi madu kelulut.

Sersan Asi membudidayakan madu kelulut diperkarangan diseputaran  mess Koramil 1206-05/Embaloh hulu yang di tempatnya sehari - hari bersama keluarga.

Berkaitan dengan pemasaran biasanya Serda Asi dan masyarakat di desa binaan akan panen sebelum pelaksanaan festival Danau Sentarum pada pertengahan atau akhir tahun yg rutin dilaksanakan setiap tahun belakangan ini. 

Namun karena pandemi wabah Covid-19 sampai bulan Oktober belum ada kepastian tentang pelaksanaan festival Danau Sentarum. Biasanya pada saat festival danau Sentarum semua stok madu kelulut habis. 

"Kalau pesanan penduduk lokal sangat terbatas karena harga cukup tinggi jika dibandingkan dengan madu hutan, bisa dua kali lipat lebih, "ujar Asi.

Sementara Dandim 1206/Putussibau Letkol Inf Basyaruddin, S.S, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Babinsa Koramil 1206-05/Embaloh Hulu Serda Asi, yang telah kreatif dengan edukasinya membudidayakan lebah Kelulut ini di desa pulau manak yang bekerjasama dengan kelompok tani binaannya .

“Hendaknya dapat di dipertahankan dan ditingkatkan budidaya kepada masyarakat di desa binaan, sehingga dapat mewujudkan lapangan pekerjaan baru dan mendukung perekonomian masyarakat umumnya diwilayah Kecamatan Embaloh Hulu,” harap Dandim. (BHW)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !