-->
Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Karya Bhakti Koramil 03/Batang Lupar, Edukasi Masyarakat Perbatasan Tentang Jamban Sehat


MenaraToday.com - Kapuas Hulu

Karya Bakti menjadi salah satu metode Binter yang terus dibangun TNI dalam mewujudkan kemanunggalan bersama rakyat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Koramil 1206-03/Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu, bersama masyarakat di wilayah perbatasan RI-Malaysia, terus melaksanakan Karya Bhakti, baik fisik maupun non fisik.

Danramil 1206-03/Batang Mayor Inf Siswadi mengungkapkan, Karya Bakti itu menjadi salah satu wujud nyata bahwa TNI mengabdi untuk rakyat dan sangat peduli terhadap kesejahteraan masyarakat. "Dan masih banyak lagi kegiatan  positif yang dilakukan TNI dalam membantu masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik," ungkap Danramil.

Salah satu kegiatan Satuan teritorial yang saat ini sedang dilaksanakan Koramil 1206-03/Batang Lupar yaitu program Jambanisasi yang bekerjasama dengan Puskesmas Batang Lupar di sasarkan kepada ibu Bernaditasima, warga Desa Sungai Ajung Kecamatan Batang Lupar.

"Yaitu masyarakat yang kurang mampu yang tidak mempunyai jamban/wc sehingga diharapkan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat," kata Danramil.

Menurut Danramil, jamban merupakan kebutuhan penting yang harus dimiliki setiap masyarakat. "Sebenarnya masyarakat sadar dan mengerti arti pentingnya mempunyai jamban sendiri di rumah. Alasan utama yang selalu diungkapkan masyarakat mengapa sampai saat ini belum memiliki jamban keluarga adalah masalah ekonomi atau belum mempunyai uang," tutur Danramil.

Namun menurut Danramil, tidak serta merta karena  faktor ekonomi belaka, karena jamban tidak harus mewah dengan biaya mahal.

"Tetapi cukup yang sederhana saja asal memenuhi standar kesehatan," ucap Danramil.

Sementara itu, Adrianus Bidianto Kepala Desa Sungai Ajung memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Koramil 03/Batang Lupar dan Puskesmas yang sudah membantu warga dalam membuat jamban, sehingga kesehatan warganya akan lebih baik.

"Melalui jamban ini saya yakin masyarakat akan semakin sadar betapa pentingnya kesehatan lingkungan sekitar," tuntasnya.

Sumber : Rls/Pendim
Pewarta : Bayu Hary Widodo

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !