-->
Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Bhakti Brimob Pada Negeri Di Pertempuran Menumpas DI/TII Kelompok Kahar Muzakkar di Kasipute Bombana

MenaraToday.Com - Jakarta :

Siang menjelang sore,  satu satuan setingkat detasmen dari Mobrig atau Mobile Brigade mendekati sebuah desa yang di bangun oleh anak buah Kahar Muzakkar.

Keberadaan desa yang di baru itu di endus oleh pihak aparat Indonesia setelah hampir setahun berdiri, desa itu dibangun oleh salah satu anak buah Kahar Muzakkar yang berontak pada pemerintah yang sah dengan menginduk pada DI/TII Kartosuwiryo di Jawa Barat. 


Saat di amati oleh pasukan Mobrig yang kelak menjadi Brimob ini,  desa musuh di anggap aman, satuan Mobrig memecah kekuatan menjadi dua dengan tujuan mengurung desa musuh tersebut agar mereka tak bisa lari.. 

Saat setelah Sholat Magrib,  peringatan menyerah di berikan dengan harapan musuh menyerah dan tak terjadi pertumpahan darah, namun rupanya anak buah Kahar Muzakkar malah langsung membalas teriakan peringatan itu dengan menembakan senjata miltaliur kaliber besar pada satuan Mobrig Kepolisian... 

Maka pertempuran sengit pecah! Anak anak Mobrig tak bisa hanya menunggu, mereka membalas tembakan seraya merayap mendekati lawan.

Sengitnya pertempuran itu terjadi hingga berhari hari, anak anak Mobrig tak memberi ruang celah bagi musuh untuk keluar dari kepungan. Namun musuh membalas dengan bringas dan menembak membabi buta selain ke arah pasukan Mobrig, tembakan mereka di arahkan ke kampung sekitar lokasi pertempuran.

Namun jiwa juang anak anak Mobrig tak kendor! mereka makin rapat mengurung dan mengepung musuh hingga pada hari 20 pertempuran anak buah Kahar Muzakkar lari ke dalam hutan sedang puluhan anggota mereka tewas.

Pertempuran sengit di Kasipute tepatnya Kabupaten bombana itu terjadi tanggal 9 sampai dengan 23 Oktober tahun 1957 dan sekarang sebuah monumen berdiri gagah untuk memperingati kisah heroik para Prajurit Mobrig ini.

Menyambut Hari jadi Brimob ke 75 yakni 14 November 2020 dan Hari jadi satuan Brimob Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara yang ke 23 tahun tanggal 25 Desember 2020...saya mengucapkan SALAM BRIGADE! 

Semoga Brigade Mobil Kepolisian Republik Indonesia dan Satuan Brimob Polda Sulawesi Tenggara bertugas dengan Profesional dan mengayomi rakyat. (Efrizal/Rls)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !