Programkan Pemulihan Ekonomi Petani, Asner Silalahi Ajak Keluarga Turun Kesawah

Menaratoday.com, Pematangsiantar:

Masyarakat di Kampung Matio, Kelurahan Naga Huta Timur, Kecamatan Siantar Marimbun tidak menyangka Calon Walikota Pematangsiantar Ir Asner Silalahi MT datang dan menyapa masyarakat. Bahkan saat melintas di areal persawahan, Asner Silalahi beserta istri dan anak-anaknya berhenti dan turun langsung ke sawah dan bersama-sama menanam padi. 

Kehadiran keluarga Asner Silalahi pada Selasa (17/11)  membuat haru para petani yang sedang menanam padi. Mereka tidak menyangka kalau Asner dan Istrinya mau turun ke sawah dan langsung meminta sebahagian padi untuk ditanam. 

Sebelumnya, Asner Silalahi beserta Istri berjalan kaki dari Jalan Bah Kora sembari menyapa masyarakat. Kemudian saat melintas di kawasan pertanian Matio, Asner melihat adanya aktivitas petani yang sedang bercocok tanam. Lalu Asner mengajak istri dan anak-anaknya untuk turun ke sawah yang berjarak sekitar 70 meter dari jalan umum. Asner kemudian menyapa petani dan mengatakan bahwa dirinya dan keluarga ingin turut serta menanam padi. 

Atas permintaan itu, petani yang berjumlah sekitar empat orang itu kemudian mempersilahkan Asner masuk ke dalam sawah lalu petani menyerahkan padi untuk ditanam. Asner beserta Istri Juliati br Sihombing pun kemudian memasukan semai padi ke sawah bersama-sama dengan petani. 

Pemandangan itupun mengundang perhatian warga dan mereka mengaku sangat senang kalau Calon Walikotanya mau langsung turun ke masyarakat. 
Pada saat itu, Asner Silalahi mengatakan bahwa para petani padi merupakan pahlawan ketahanan pangan bagi Negara Indonesia. “Kalau tidak ada petani, kita makan apa? Jadi patut kita hormati para petani kita,” ujar Asner Silalahi. 

Asner Silalahi berharap padi yang ditanam petani berbuah banyak dan menghasilkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terkhusus untuk ketahanan pangan. 
Setelah menanam padi, Asner berserta keluarga pamit kepada petani untuk melanjutkan perjalanan untuk menyapa masyarakat. 

#Irigasi dan Kelangkaan Pupuk menjadi Perhatian

Sementara itu, di kampung Matio Asner Silalahi juga melakukan pertemuan dengan masyarakat di bawah tenda di depan halaman rumah warga. Di sana sekitar 30 orang warga berkumpul untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan kepada Asner Silalahi. Di pertemuan itu, masyarakat berharap kepada Asner Silalahi ketika nantinya duduk sebagai Walikota Pematangsiantar agar memperhatikan masyarakat Matio yang umumnya berprofesi sebagai petani. 

Seperti perbaikan irigasi dan ketersediaan pupuk bersubsidi agar nantinya dapat diperhatikan Asner Silalahi. Sebagaimana diketahui, kawasan lahan persawan di Kecamatan Simarimbun lebih dari 200 hektar sehingga ketersediaan pupuk dan sarana irigasi sangat penting untuk kelangsungan pertanian. 

Setelah mendengar keluhan masyarakat, Asner Silalahi yang merupakan kelahiran dan besar di Kota Siantar mengatakan bahwa perhatian untuk masyarakat petani sudah merupakan tugas dan tanggungjawab pemerintah. “Kebetulan saya dulunya bekerja di Kementerian PUPR yang menangani pembangunan jalan, jembatan, irigasi dan lain-lain, maka pengalaman dan ilmu yang saya dapat selama ini akan saya terapkan di Kota Pematangsiantar,” jelasnya. 

Begitu juga dengan soal ketersediaan Pupuk Bersubsidi, maka Dinas Terkait seperti Dinas Pertanian nantinya harus benar-benar melakukan pengawasan distribusi pupuk bersubsidi dan pendataan yang valid terkait kebutuhan masyarakat. 

“Jadi saya dengan Ibu Dokter Susanti telah menyiapkan program jangka pendek, menengah dan jangka panjang yang bertujuan agar Siantar Bangkit dan Maju. Mulai dari sektor kesehatan, kesejahteraan masyarakat dan kualitas pembangunan dan pelayanan pemerintah,” jelas Asner Silalahi. 

“Saya sengaja untuk menanam padi bersama petani tadi. Saya sangat senang dekat bersama masyarakat dan nanti saya akan terus turun ke lapangan untuk memantau bagaimana kondisi infrastruktur dan hasil pertanian,” jelas Asner. Sebelum acara ditutup, Asner Silalahi mengajak masyarakat untuk datang ke TPS pada 9 Desember 2020 mendatang.

Dan pada kesempatan itu, Asner mensosialisasikan cara mencoblos pasangan calon Asner-Susanti di kerta surat suara di pilkada nantinya.
“Coblos Asner-Susanti yang ada gambarnya ya Bapak/Ibu,” ajak Asner sembari disambut warga dengan slogan Asner-Susanti menang..menang..menang. (R01/red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama