Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Surf Rescue Hadir Dikabupaten Pandeglang, Ketua Balawista: Tidak Masalah

MenaraToday.Com - Pandeglang :

Jangan heran jika ada pemandangan berbeda ketika bermain ke pantai carita, karena per awal tahun 2021 di sejumlah pantai yang ada di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten akan ada team Surf Rescue yang bertugas. 

Ketua Umum Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) provisi Banten yang juga Ketua Umum Bidang Hubungan Antar Lembaga KONI Pusat Donny Agusty, Rabu (6/01/2021) menuturkan, Surf Rescue awalnya hanya sekedar kebutuhan disetiap kejuaraan selancar (surfing), yang kemudian pada akhirnya berkembang menjadi kebutuhan dasar aktivitas laut. 

“Ide penempatan Surf Rescue ini awalnya hanya untuk kejuaraan saja, namun akhirnya PSOI berinisiatif kenapa tidak Surf Rescue dijadikan kebutuhan dasar juga yang ditempatkan di wilayah-wilayah yang memiliki pantai dan saat ini masih tahap pengembangan untuk kabupaten Pandeglang, jadi bertahap lah.” Tutur Donny

Ia menambahkan, Surf Rescue ini untuk luar daerah sudah berjalan dan tugasnya lebih ke Life Saving (penyelamatan). 

Ketika disinggung mengenai perbedaannya dengan Balawista yang memang sudah ada dan sudah berjalan sejak lama? Donny menjelaskan, bahwa Surf Rescue ini berbeda dengan Balawista, Surf Rescue memiliki lisensi yang dikeluarkan oleh International Surfing Association (ISA) dan International Live Saving (ILS), selain itu Surf Rescue berada di bawah kordinasi KONI juga Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Pandeglang sementara Balawista ada di bawah Koordinasi Dinas Pariwisata.

“Pada dasarnya tupoksi Surf Rescue ini lebih ke penyelamatan hampir sama dengan Balawista, hanya saja yang membedakan kami memiliki lisensi yang diberikan oleh ISA dan ILS, dan berada dibawah kordinasi Dispora.” Jelas Donny

Meski demikian, Donny menegaskan bahwa Surf Rescue dan Balawista akan berkordinasi dengan baik dan tidak membeda-bedakan karena tugas keduanya hampir sama. 

“Pada intinya kami akan berbaur dalam menjalankan tugas dengan Balawista dan tidak akan mengkapling-kaplingkan, kita akan bekerja jika disatu wilayah ada aktivitas laut. Kami berharap kedepan bisa bersinergi dengan semua element dalam membangun negeri.”  Tegasnya

Sementara itu, Ketua Balawista Banten Ade Ervin justru belum mengetahui perihal Surf Rescue yang akan mulai ditempatkan disejumlah titik pantai carita. Ervin mengaku, tidak masalah jika memang PSOI akan menempatkan surf rescue karena PSOI memang bergerak dibidang olah raga ketika mengadakan event mereka pasti butuh tenaha Live Saver atau Life Guard.  (ila)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !