Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Pangdam XII/Tpr dan Forkopimda Dampingi Menkopolhukam dan Mendagri Tatap Muka Dengan Tokoh Lintas Agama

MenaraToday.Com - Kubu Raya : 

Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad bersama Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Rio Norsan, serta Kapolda Kalbar, Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto mendampingi Menkopolhukam, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, dan Mendagri, Tito Karnavian melaksanakan silaturahmi dengan Forkopimda dan Tokoh Lintas Agama se-Provinsi Kalimantan Barat bertempat di Makodam XII/Tpr.

Kegiatan silaturahmi dengan Forkopimda dan Tokoh Lintas Agama se-Provinsi Kalimantan Barat ini dilaksanakan usai Menkopolhukam dan Mendagri melaksanakan kunjungan kerja ke PLBN Aruk dalam rangka mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) 2021.

Menkopolhukam, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, dalam sambutannya mengapresiasi sikap toleransi yang ada di Provinsi Kalbar yang menjadi salah satu yang terbaik di antara Provinsi lain di Indonesia.

"Dari tingkat toleransi Kalbar ini termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia. Toleransi menerima perbedaan sehingga tidak menimbulkan tindak kekerasan dan disharmoni di tengah-tengah masyarakat," kata Menkopolhukam.

Menurutnya, hal tersebut karena masyarakat di Kalbar selalu menghayati moderasi agama dan berpegang teguh dengan ideologi Pancasila. Untuk itu, Menkopolhukam mengajak masyarakat Kalbar menjadi manusia yang moderat.

"Kita harus menjadi orang yang moderat, tidak boleh merasa benar sendiri dan menang sendiri. Merasa benar sendiri itulah yang menimbulkan radikalisme yang kadangkala berujung pada terorisme, tidak semua radikalisme menimbulkan terorisme tetapi terorisme itu berakar-berakar dari radikalisme," ajak Menkopolhukam.

Sedangkan Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mewakili Forkopimda Kalbar sebelumnya memaparkan kepada kedua menteri bahwa saat ini situasi dan kondisi di wilayah Kalbar dalam keadaan aman dan kondusif serta sinergitas TNI-POLRI, Pemerintah Daerah, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dapat terjaga dengan baik.

Tokoh agama di wilayah Kalbar merupakan publik figur yang sangat berpengaruh dalam terciptanya keamanan dan situasi yang kondusif di lingkungan masyarakat. Harmonisasi antar umat diawali melalui kolaborasi dalam menciptakan sikap toleransi diantara para tokoh lintas agama. 

Pangdam XII/Tpr berharap, dengan dilaksanakannya silaturahmi ini, kiranya seluruh tokoh agama yang ada di Provinsi Kalbar menjadi pelopor dalam menanamkan sikap toleransi kepada para generasi muda yang rentan terpengaruh terhadap paham radikal, sehingga wilayah Kalimantan Barat agar tetap aman, tenteram dan nyaman. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Menkopolhukam dan Mendagri atas kunjungannya di Kalimantan Barat sebagai wujud perhatian Bapak terhadap Bumi Khatulistiwa sebagai bagian dari wilayah NKRI," ucap Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. (Pendam XII/Tpr/Bayu)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !