Bupati Simalungun, RHS Pantau Pelayanan Masyarakat di RSUD dan Puskesmas Parapat

Menaratoday.com, Simalungun:

Bupati Kabupaten Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) didampingi Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, blusukan ke RSUD dan Puskesmas Parapat, Selasa (04/05/2021).

Di saat Bupati blusukan, Kepala Puskesmas dan Direktur RSUD Parapat tidak berada di tempat. 

Kepala Puskesmas, menurut stafnya sedang ada pekerjaan di luar Parapat. Sementara Direktur RSUD Parapat mengikuti rapat di Raya.

Pada kesempatan di dua tempat pelayanan kesehatan tersebut, RHS meninjau sejumlah ruangan.

RHS juga sempat berdiskusi dengan pegawai Puskesmas  tentang kondisi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Kepada RHS, pegawai Puskesmas mengaku bahwa  jumlah tenaga kesehatan khususnya dokter spesialis sangat kurang, begitu juga di rumah sakit.

Kondisi tenaga kesehatan, dokter spesialis di RSUD  Parapat ada 7 dokter dengan rincian 2 ASN, dan 5 PTT atau kontrak

Para dokter spesialis itu masih bertugas juga di rumah sakit lain di Pematangsiantar atau ada bertugas (nyambi) di rumah sakit lain.

"Saya merasa miris dengan kurangnya tenaga kesehatan di lokasi pelayanan rumah sakit, apalagi di daerah tujuan wisata seperti ini," kata Bupati.

Melihat kondisi tersebut, RHS menyampaikan nantinya akan dicarikan solusi untuk bisa menambah jumlah dokter mau pun dokter spesialis di  setiap Puskesmas di Kabupaten Simalungun.

"Mungkin salah satu solusi para dokter umum di sekolahkan menjadi dokter spesialis dengan menjalin kerjasama dengan Fakuktas Kedokteran universitas yang ada di Sumut," katanya.

Kemudian, RHS berpesan kepada para pegawai dan tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (R1/red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama