Hadiri Misa Gawai Dayak Kantu Makai dan Panen Ke XI Desa Sungai Uluk, Ini Disampaikan Bupati Kapuas Hulu

MenaraToday.Com - Kapuas Hulu :

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, S.H menghadiri Misa Gawai Dayak Kantu Makai Taon 2021 dan Syukur Panen Ke-XI Desa Sungai Uluk Kecamatan Putussibau Selatan.

Untuk di ketahaui, Misa Gawai Dayak Kantu dan syukur panen dalam satu rangkaian merupakan ungkapan rasa terima kasih dan pujian kepada Sang Pencipta atas berkat panen dan usaha selama setahun dari masyarakat Dayak Kantu.

Kemudian, rangakaian acara diawali dengan perayaan ekaristi yang didalamnya terdapat pemberkatan benih dan alat-alat pertanian. 

Dalam sambutannya Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, S.H menyampaikan bahwa misa syukur gawai ini merupakan wujud rasa syukur kemurahan Tuhan atas semua hasil yang diperoleh. 

"Sebagai umat beriman, untuk memahami pesta panen atau gawai dayak, tidak diidentikkan dengan pesta pora tetapi dimaknai bahwa Tuhan sang pemberi rejeki yang sungguh maha baik dan maha murah, "kata Bupati dalam sambutannya, Selasa (18/5/2021).

Dikatakan Bupati, untuk menjaga keberlangsungan adat dan budaya, dengan selalu konsisten dan bertanggung jawab atas keberlangsungan seni budaya serta tatanan adat istiadat. Dengan selalu berperilaku adat dan melaksanakan kegiatan adat budaya seperti yang dilaksanakan dalam gawai dayak kantu ini. 

"Pesta syukuran panen atau yang sering kita sebut Perayaan Gawai Dayak, adalah salah satu tempat atau sarana untuk lebih mencintai kebudayaan, "ujarnya

Diakhir sambutannya, Bupati mengingatkan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

"Masyarakat tidak boleh lengah dan tetap melaksanakan protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan selalu berperilaku hidup sehat dan bersih, "tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Provinsi Kalbar Drs. Yosef Alexander, M.Si, Dandim 1206/PSB, Anggota DPRD Kab. Kapuas Hulu dan Pimpinan Perangkat Daerah.(Rls/Hum-Setdakh/Bayu)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama