Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Limbah cair PKS Bahjambi Ramah Lingkungan Banyak Dimanfaatkan Peternak Sapi

Menaratoday.com-Simalungun

Tak kenal maka tak sayang … tak sayang tentulah cinta begitu kata para pujangga. PTPN IV PKS Bah Jambi yang beroperasi untuk mengolah Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit menjadi Crude Palm Oil (CPO) dan Palm Kernel (PK) terletak di daerah Nagori Bah Jambi Kecamatan Jawa Maraja Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara.

PKS Bah Jambi telah memiliki sertifikasi ISO 9001, ISO 14000, ISPO, RSPO dan PROPER sebagai bentuk kesungguhan dan komitmen dalam operasional yang memperhatikan lingkungan sekitar yang selaras dengan konsep 3P (People,Planet dan Profit).

Limbah Cair Kelapa Sawit (LCKS) PKS Bah Jambi yang sesekali dijadikan isu oleh oknum tertentu untuk membentuk opini public bahwa keberadaannya mencemari lingkungan adalah hal tidak beralasan adanya. Limbah Cair Kelapa Sawit (LCKS) PKS Bah Jambi diaplikasikan untuk Land Aplikasi (LA) yang telah mengantongi ijin dari Bupati Kabupaten Simalungun.

PKS Bahjambi tidak terlepas pantauan secara periodik oleh Dinas Lingkungan Hidup. Cairan yang diaplikasikan ke blok bertujuan untuk memperbaiki struktur tanah dan padatan (solid) yang berada di long bed atau flatbed akan dipakai kembali sebagai pupuk organik yang diaplikasikan ke piringan pohon kelapa sawit menjadi suplemen tanaman.

 Amatan awak media yang meninjau di areal  lokasi pembuangan air limbah banyak di manfaatkan para peternak lembu juga menemui lembu di aliran parit terbuka dari PKS Bah Jambi menuju Kolam LCKS PKS Bah Jambi sedang meminum  air limbah yang sudah melalui proses tahapan dengan yang benar layak diminum ternak.

 Informasi yang di himpunan dari salah satu kariawan PKS Bahjambi diduga  ada juga  oknum  menyebutkan limbah cair yang sudah di proses melalui proses tahapan dapat membahayakan lingkungan hidup.

Namun  peternak/pengangon saat diwawancarai membenarkan bahwa ternak lembu yang meminum cairan ini lebih gemuk dan lebih sehat, Sejatinya cairan ini adalah by product (produk turunan) dari proses pengolahan Tandan Buah Segar (TBS) di PKS Bah Jambi, kami meyakini cairan tersebut tidak  mengandung limbah kimia berbahaya, kita meyakini karena air tersebut di konsumsi ternak lembu buktinya sehat dan lebih gemuk, 'ungkap sipengembala (RG)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !