Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Pemdes Ciwalen Sosialisasikan Administrasi dan Peningkatan Kapasitas LKD

MenaraToday.Com - Cianjur : 

Pemerintah Desa Ciwalen selenggarakan Acara Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) di Desa Ciwalen. Kegiatan dihadiri, Kepala Bidang Keuangan dan Pemerintahan DPMD Kabupaten Cianjur, Camat Warungkondang, BPD, serta tokoh Masyarakat, kegiatan berlangsung di Aula Desa Ciwalen, Selasa (15/6/2021).

Adapun peserta pada acara Peningkatan Kapasitas LKD Ciwalen kali ini, para pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), para Ketua RT dan RW se-Desa Ciwalen.

Kepala Desa Ciwalen, Dadang Sutisna mengungkapkan, Materi yang disajikan pada Kegiatan ini merujuk pada Peraturan yang telah diatur secara menyeluruh mengenai Lembaga Kemasyarakatan di Desa Ciwalen tentang pengelolaan Administrasi RT/RW.

"Kegiatan Peningkatan Kapasitas LKD ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) di Desa Ciwalen.

Selain dalam upaya meningkatkan kapasitas administratif juga sebagai bentuk monitoring dan evaluasi terhadap penglolaan administrasi RT dan RW," ungkap kades.

Sementara itu, Kepala Bina Kuangan dan Aset Desa DPMD Kabupaten Cianjur, Rella Nrrella, S.STP, M.Si, dalam arahannya menyampaikan tentang tugas dan Poko fungsi Ketua RT/RW di bidang pemerintahan hingga Pengelolaan Keuangan dan Pertanggungjawaban Kepala Desa. materi yang disampaikan dalam kegiatan ini mengenai bidang pembinaan pengelolaan Administrasi Keuangan Desa secara menyeluruh.

"Dalam hal ini saya menitik beratkan bagaimana peran ketua RT/Rw dalam keterlibatannya dalam proses pengelolaan keuangan Desa mulai dari perencanaanya, pelaksanaan, bahkan sampai pertanggungjawaban kepala Desa, 

Karena saat ini banyak permasalahan yang terjadi di Desa sampai berurusan dengan aparat hukum, maka, saya sampaikan hal itu bagaimana cara Rt/Rw berupaya aktif untuk ikut membangun Desa, karena mereka sebagai garda terdepan dalam bidang pemerintahan," pungkasnya. (Ace)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !