Gunung Api Sinabung Kembali Erupsi dan Semburkan Debu Vulkanik

MenaraToday.Com - Tanah Karo :  

Gunung Api Sinabung yang terletak di Desa Kutagugung, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu 28/07/2021) sekira pukul 12:30 WIB kembali beraktifitas.

Kolom abu yang disemburkan berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah kearah Timur -Selatan. Bahkan mencapai setinggi ± 4.500 meter di atas puncak atau ± 6.960 meter di atas permukaan laut.

Informasi yang didapat dari Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) di Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Armen Putra, detik-detik erupsi terekam pada seismograf dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasinya sekira ± 12 menit 22 detik.

"Erupsi diikuti dengan semburan awan panas ke arah Timur sejauh 1.000 meter dan 1.000 ke arah Tenggara. Untuk statusnya masih berada dilevel III (Siaga)," paparnya.

Dihimbau kepada masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktifitas diarea/desa yang telah direlokasi. Begitu juga di radius 3 km dari puncak gunung serta radius sektoral 5 km untuk sektor Selatan-Timur dan 4 km sektor Timur-Utara.

"Masyarakat yang beraktifitas diluar rumah agar memakai masker untuk mengurangi dampak terganggunya kesehatan pernafasan. Mengamankan sarana air bersih dan membersihkan atap rumah dari abu vulkanik agar tidak roboh," ujarnya.

"Masyarakat yang berada dan bermukim didekat hulu sungai Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar dingin."pungkasnya (VA).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama