Tidak Sesuai Spek, Atap SDN 3 Cibungur Akhirnya Di Bongkar Ulang

Salah seorang pekerja tengah merehab ulang bagian atap SDN 3 Cibungur, Kamis (01/07/21)

Menaratoday.com PANDEGLANG, Sukaresmi-Di duga ada kelalaian dalam pelaksanaan rehabilitasi proyek SDN CIBUNGUR 3, yang berlokasi di Desa Cibungur Kec Sukaresmi kabupaten Pandeglang, Banten,  dilakukan pembongkaran dan direhab ulang. 


Proses pembongkaran turut disaksikan oleh sejumlah media yang memang menginginkan pembangunan tersebut sesuai spek, Kamis (01/07/21). 


Berdasarkan pantauan, terlihat beberapa pekerja yang tengah membongkar bagian atap yang terpasang baja ringan.

Kondisi SDN 3 Cibungur Sebelum Dibongkar Ulang


Sebelumnya, ramai diberitakan tentang pekerjaan rehabilitasi ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cibungur 3 yang diduga mengurangi spesifikasi dari Rencana Anggaran Biaya (RAB).


Penggiat sosial kontruksi Iping Saripin mengatakan, pengurangan spesifikasi tersebut terlihat dari rangka baja yang digunakan pada bagian atap bukan Zincalume C 0.75, 75.


“Rehabilitasi ruang kelas rusak sedang SDN Cibungur 3 dengan Nomor Kontrak 425. 11/SP.01.PPK.KONST.HL.SD 36-DIKBUD/2021 tanggal 27 Mei 2021 berlokasi di Desa Cibungur Kecamatan Sukaresmi, Nilai Kontrak 275.287.107.80, Sumber Dana DAK-APBD Kabupaten Pandeglang Tahun Anggaran 2021 diduga tidak mengacu ke RAB,” ungkapnya kala itu.


Iping menyebut, bahwa pelaksana dan juga konsultan pengawas kurang efektif dalam kinerjanya, hal itu berdasar pada pendampingan pekerjaan tidak ditemui di lokasi kegiatan. Seharusnya, kata Ipin, tugas utama seorang pelaksana lapangan adalah mempersiapkan pelaksanaan proyek dengan sebaik-baiknya.


“Dari saat proyek dimulai sampai dengan proyek selesai, tidak terlihat di lokasi,” papar iping.


Selain pelaksana proyek, lanjut Iping, konsultan pengawasan juga tidak ditemui dilokasi kegiatan, padahal pekerjaan sedang berjalan.


ILA

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama