Basarnas Posar Tanjungbalai- Asahan Luncurkan Kapal Resque Baru Canggih

MenaraToday.Com - Asahan : 

Untuk memperkuat sistem pencarian apabila terjadi bencana di laut, Basarnas Pos SAR Tanjungbalai Asahan Sumatera Utara mendapatkan alokasi kapal baru yang dilengkapi dengan peralatan canggih yang dapat menjangkau hingga radius pencarian 30 meter.

Pos Basarnas Tanjungbalai Asahan mendapatkan 1 unit kapal dengan spesifikasi panjang 40 m dengan lebar 7,8 meter dengan tinggi geladak utama 3,60 meter serta memiliki kecepatan maksimal 30 knot.

Komandan POS SAR Tanjungbalai Asahan Ady Pandawa,S.T menyebutkan kapal jenis ini sangat sesuai dioperasikan di wilayah operasional SAR Tanjungbalai Asahan yang cukup luas yang membawahi 6 Kabupaten Kota, kapal canggih ini akan memperkuat fasilitas pencarian serta memantau aktivitas pelayaran yang padat di selat Malaka", sebut Ady, Selasa (7/9/2021)

Kapal Berbahan Aluminium ini memiliki tiga  mesin seri 1400, Memiliki autopilot serta dilengkapi dengan Echo Sounder, SEA RIDER, Perangkat satelit, alat selam dan peralatan komunikasi digital.

Dalam pengoperasian KN.SAR Sanjaya ini sebut Ady Pandawa dilakukan Secara Mobiler dan mendukung pencarian dan pertolongan mengingat aktivitas masyarakat di jalur lintas selatan Malaka yang rawan terjadi kecelakaan, KN Sanjaya Sar ini juga dilengkapi dengan Maryam air yang bertujuan untuk memadamkan api apabila terjadi kebakaran kapal di laut oleh sebab itu pengoperasiannya secara mobiler. (FM)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama