BTPN Bantu Masyarakat Prasejahtera Dapatkan Modal Tanpa Agunan

MenaraToday.Com - Asahan : 

Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN). Syariah memberikan bantuan secara berkelompok yang disebut "Tepat Pembiayaan Syariah" yakni pembiayaan tanpa jaminan yang diberikan sebagai modal usaha bagi masyarakat Prasejahtera produktif, khusunya perempuan.


Hal ini diungkapkan Coorporate Communication and Marketing Communication Head BTPN Syariah, Ainul Yaqin saat melakukan kunjungan meninjau kelompok nasabah di Kelurahan Binjai Serbangan, Asahan, Sumut, Kamis (9/12/2021).

Ainul menjelaskan bahwa BTPN Syariah merupakan Bank yang lahir pada tanggal 14 Juni 2014 dan pada tanggal 8 Mei 2018, BPTN Syariah menjadi PBK atau Listing di Bursa Efek dengan Asset sebesar Rp. 17 Triliun untuk disalurkan kepada masyarakat pra sejahtera Produktif BTPN Syariah menyediakan sebesar Rp. 10,2 T. 

"Untuk jumlah nasabah yang dilayani oleh BTPN  Syariah dalam bentuk pembiayaan telah mencapai 6 juta Nasabah namun yang aktif berkisar 4 Juta Nasabah, tujuan BTPN Syariah melayani nasabah Pra Sejahtera adalah untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang baik sehingga masyarakat mendapatkan pembiayaan yang terarah yang dimana masyarakat tidak hanya mendapatkan modal usaha saja namun mendapatkan pola pola pendampingan yang terukur dan berkelanjutan". Ujar Ain

Ainul juga menyebutka  bahwa  BTPN Syariah memiliki Platpon Pembiayaan yang diberikan kepada kelompok keluarga Pra sejahtera mulai dari Rp. 2 Juta hingga Rp. 100 Juta .

"Di Asahan, program ini hadir sejak tahun 2015 silam dan kini sudah memiliki 9.946 nasabah di tiga kecamatan yakni Kisaran Timur, Kisaran Barat serta Air Joman. Sukses memberikan permodalan bagi ibu. Kami juga memberikan reward bagi nasabah pembiayaan produktif yang disiplin membayar angsuran dan dapat bermanfaat bagi sesama anggota serta bisa menginspirasi dan berguna bagi orang di sekitarnya.Pembiayaan produktif  BTPN Syariah diberikan secara berkelompok yang disebut Tepat Pembiayaan Syariah, adalah pembiayaan tanpa jaminan yang diberikan untuk modal usaha bagi masyarakat prasejahtera produktif khususnya perempuan. Semua pertumbuhan nasabah tersebut adalah upaya dari ketangguhan para bankir pemberdaya di lapangan yaitu Community Officer (CO) bankir yang memberikan pemberdayaan dan pelayanan kepada perempuan keluarga prasejahtera produktif.Perjalanan digital nasabah inklusi dimulai dari aplikasi termutakhir yang digunakan oleh petugas lapangan atau community officer, para bankir pemberdaya, dalam melayani, memberi pengaruh yang baik kepada para nasabah untuk terus beradaptasi dengan teknologi.

Pria yang akrab disapa Ain ini menambahkan, total nasabah pendanaan dan nasabah pembiayaan hingga saat ini yang masih aktif berjumlah 4 juta.

“Fungsi utama bank ini yakni menghimpun dana dari keluarga sejahtera dan menyalurkan kepada keluarga prasejahtera produktif,” ucapnya.

Ditambahkannya, BTPN Syariah tetap berupaya menjadi organisasi yang terus tumbuh bersama menginspirasi untuk seluruh stakeholder mulai dari nasabah, keluarganya dan komunitas untuk mewujudkan niat baik lebih cepat.

Sementara itu, Raisah (46) seorang ibu rumah tangga di Kecamatan Air Joman, Asahan yang menjadi penerima manfaat pembiayaan BTPN Syariah mengaku bersyukur bisa mengetahui dan mendapatkan manfaat program ini.Ibu tiga anak ini awalnya sempat mendapatkan bantuan pinjaman dari koperasi dengan bunga tinggi namun usaha penjualan kripik yang dia lakukan tidak berkembang.

Saya bergabung di sini sudah 5 tahun dari mulai pinjaman 2 juta sampai 10 juta. Angsurannya ringan. Di sini kami bukan hanya sebagai peminjam, tapi kami juga mendapatkan pelatihan bagaimana mengelola dan melakukan manajemen keuangan. Alhamdulillah usaha keripik saya lumayan sampai bisa sekolahkan anak dan renovasi rumah,” kata dia. 

Ditempat Terpisah Pemerintah Kecamatan Air Joman yang di wakili oleh Sekretaris Camat Air Joman, Masli Nainggolan mendukung program yang di jalankan BTPN Syariah ini sehingga masyarakat pra Sejahtera khususnya yang berada di Kecamatan Air Joman dapat tertolong dalam permasalahan permodalan usaha.

“ kami ucapkan terimakasih kepada BTPN Syariah yang telah memberikan bantuan permodalan kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Air Joman,’ ujar Masli. (DS)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama