Dirikan Dua Posko Tambahan, Dinkes Pandeglang Siap Amankan Nataru 2021/2022

Ilustrasi


MENARATODAY.COM-Dinas kesehatan (Dinkes) kabupaten pandeglang lakukan sejumlah persiapan menjelang libur natal dan tahun baru 2021/2021. Salah satunya, membuka posko kesehatan natal  dan tahun baru (Nataru) 2021/2022 mulai Kamis 24 Desember 2021 hingga minggu 02 Januari 2022, di alun alun pandeglang dan Carita, kabupaten pandeglang, Banten.

Sekretaris dinkes pandeglang Hj. Eniyati mengatakan, persiapan tersebut termasuk kesiapan 36 Puskesmas, 2 RSUD, 2 RS Swasta, 56 Pustu, 26 klinik swasta, 36 posko kesehatan,  mobil ambulance siap pakai, obat-obatan, alat kesehatan dan tenaga medis, karena menurutnya, keselamatan dan kemanan warga menjadi tanggung jawab bersama dalam pelaksanaan pengamanan natal dan tahun baru ini. 

"Untuk pengamanan nataru nanti kami sudah berkordinasi dengan puluhan puskesmas, RSUD, rumah sakit swasta, Pustu, dan menyiapkan posko  pelayanan, selain itu kami juga menurunkan sejumlah tenaga medis yang akan standby 24 jam, dan ambulance yang akan bertugas dititik posko yang sudah ditentukan," tuturnya. Jum'at (24/11/21).

Meski demikian, Eniyati menambahkan, dalam momentum Nataru ini dinkes tetap melakukan promosi kesehatan dan pemantauan pelaksanaan covid-19 disemua tatanan masyarakat.

"kamipun Menyiapkan tim gawat darurat dan evakuasi medik untuk mengantisipasi terjadinya laka lantas dan kondisi darurat lainnya serta fasilitas  transportasi dari dan ke lokasi kejadiaan untuk ini kami bekerjasama dengan pihak kepolisian," 

Masih kata eniyati, dalam rangka penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19, dinkes juga melakukan pemantauan dilintas sektor terkait kesiapan tempat-tempat ibadah dan perayaan Natal 2021 dan tahun baru 2022. 

"Untuk itu, kami menyiagakan 36 puskesmas, 2 rumah sakit, 1 laboratorium kesehatan daerah, pos-pos kesehatan dan public safety center (PSC) 119 dalam menangani dan mengantisipasi peningkatan kasus dan darurat covid-19 pasca nataru," ungkapnya.

Tidak hanya itu, lanjut Eniyati, dinkes juga melakukan kordinasi dengan pihak rumah sakit terkait kesiapan mereka dalam menerima rujukan selama Nataru nanti, dan menginformasikan ketersediaan ruangan yang tersedia disejumlah rumah sakit tersebut melalui aplikasi SIRANAP.

"Untuk memaksimalkan giat Nataru ini Kami juga menyediakan posko tambahan disejumlah titik, dan kami juga melakukan kordinasi dengan pihak RSUD kaitan dengan ketersediaan kamar rawat inap, hal ini guna mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan sehingga ketika ada pasien yang harus dirujuk tidak kebingungan, dan bersyukur saat ini kami sudah punya aplikasi SIRANAP yang sangat membantu untuk informasi ketersediaan kamar bagi pasien rujukan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pandeglang Hj. Raden Dewi Setiani menambahkan, nataru tahun ini masih dalam masa pandemi covid-19, maka dari dinkes akan terus melakukan sosialisasi dan memberikan informasi terkait pesan 5M. 

"Dan kami menghimbau bagi warga pandeglang untuk bisa menahan diri tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat kerumunan massa," pesan kadinkes.

Berikut lokasi Posko Tambahan pelayanan yang disediakan oleh dinkes kabupaten pandeglang dalam pengamanan Nataru 2021/2022:

1. Posko Alun-alun Pandeglang, dibuka mulai jam 08.00-14.00 wib, 24 desember 2021-02 Januari 2022, tim kesehatan berasal dari PKM cadasari, PKM Cikupa, PKM Pandeglang, PKM Bangkonol, PKM Pagadungan.

2. Posko Carita, Dibuka mulai jam 08.00-14.00 wib, 24 desember 2021-02 Januari 2022, dengan tim kesehatan berasal dari PKM Labuan, PKM Carita, PKM Jiput, PKM Menes, PKM Pulosari dan PKM Pagelaran.

Dikedua posko ini masyarakat dapat mengakses pelayanan swab antigen, pos kesehatan dan pelayanan vaksinasi mobile. (la)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama