Raih Penghargaan, Wali Kota: Aspek Manfaat bagi Masyarakat Jadi Hal Utama

MenaraToday.Com -  Probolinggo 

Sepanjang tahun 2021 Kota Probolinggo punya capaian penghargaan yang luar biasa. Tercatat ada 14 penghargaan di berbagai bidang. 7 penghargaan tingkat nasional dan 7 lainnya tingkat regional. Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menyebutkan, apa yang diraih merupakan wujud komitmen pemerintah melayani masyarakat.

“Prestasi atau penghargaan yang kami terima menjadi ukuran bahwa apa yang telah kami lakukan bermanfaat bagi masyarakat. Penghargaan bukan untuk kebanggaan saja tetapi aspek manfaat harus betul-betul dirasakan oleh masyarakat,” tutur  Habib Hadi, saat jumpa pers di halaman kantor wali kota, Rabu (22/12).

Penghargaan yang berhasil diraih pada tingkat nasional diantaranya, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke 4 atas laporan hasil pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Probolinggo tahun anggaran 2020; Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Kategori Nindya Tahun 2021;  Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori utama tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI; BKN Award 2021 peringkat 3 tingkat nasional kategori Penilaian Kompetensi.

Kemudian penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2021 diberikan kepada Pemerintah Kota Probolinggo atas inovasi Pelita Si Abah (pemanfaatan limbah tahu sebagai alternatif bahan bakar murah dan ramah lingkungan); Anugerah meritokrasi penerapan sistem merit dalam manajemen ASN kepada instansi pemerintah daerah kategori baik dengan nilai 271,5. Dan, yang terbaru penghargaan atas Implementasi Program Smart City “Siskia Pro Cantik” (sistem informasi kesehatan ibu dan anak Probolinggo, cermat, andal, teliti, informatif dan kualitas) kategori smart living gerakan menuju smart city dari Kementerian Kominfo RI.

Sementara itu, pada tingkat regional, Kota Probolinggo punya sejumlah penghargaan seperti dari Beritajatim media digital award sebagai pemenang 10 besar Pengelolaan Website Pemda Se-Jatim tahun 2021; Penghargaan untuk Wali Kota Probolinggo atas kerjasama mewujudkan Nawa Bhakti Satya melalui Jatim berdaya dalam program One Pesantren One Product (OPOP), apresiasi OPOP tahun 2021.

Dari Komisi Informasi Awards 2021, Kota Probolinggo menyabet dua kategori sekaligus yaitu kategori Badan Publik Menuju Informatif tingkat Kabupaten/Kota se-Jawa Timur dan kategori Penyedia Informasi Berkala Terbaik tingkat Kabupaten/Kota se-Jawa timur tahun 2021.

Wali Kota Habib Hadi juga mendapat penghargaan sebagai Kepala Daerah Penggiat Inovasi Terbaik tingkat Jawa Timur. Ada juga penghargaan sebagai Forikan yang berperan aktif dalam pembinaan UKM pengolah dan pemasar produk kelautan dan perikanan. Lalu menjadi Juara II Penganugerahan Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Paritrana Award 2021.

Dengan banyaknya prestasi tersebut, Wali Kota Habib Hadi berkomitmen apa yang menjadi kekurangan pemerintah akan disempurnakan dan diperbaiki. Tujuannya bukan hanya prestasi tapi capaian manfaat untuk masyarakat. Untuk itu ia berharap seluruh elemen masyarakat ikut menyemangati dan mengingatkan bahwa prestasi ini berkat kekompakan semuanya.

“Ini (penghargaan) wujud komitmen yang dihasilkan bersama.  Melakukan hal terbaik di semua bidang untuk Kota Probolinggo. Keterlibatan semua stakeholder bukan semata-mata hasil prestasi sendiri, tapi berkat komitmen bersama untuk saling menguatkan satu sama yang lain,” jelasnya. (De Songot)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama