Wabup Simalungun, Resmikan UMKM Tabo Tilapia Skin

MenaraToday.Com - Simalungun : 

Wakil Bupati Simalungun. Haji Zonny Waldi, S,Sos, MM didampingi Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Arnold Silaean, SH, meresmikan UMKM TABO Tilapia Skin yang dikelolah PKK Nagori Tambun Raya, Kecamatan Pamatang Sidamanik Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (29/12/2021).

UMKM TABO Tilapia Skin berbahan baku kulit ikan tersebut diprakarsai PT Suri Tani Pemuka bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Khususnya PKK Nagori Tambun Raya yang berdekatan dengan lokasi operasional perusahaan 

Dalam Kesempatan itu, Wkil Bupati Simalungun Zonny Waldi, S,Sos, MM menyampaikan, salah satu kunci usaha adalah pasar. Jadi hasil produk UMKM TABO Tilapia Skin ini harus dipasarkan ke lokasi-lokasi objek wisata yang startegis. Salah satunya di rest area yang ada di sekitar jalan lintas menuju kawasan Danau Toba," Sebut Zonny Waldi sembari mencicipi kerupuk kulit ikan nila hasil olaha PKK. 

Zonny Waldi juga menyarankan agar UMKM ini harus berbadan hukum yang jelas, sertifikat halal dan memiliki Pangan Industri Rumah Tangga ( PIRT ) Dengan begitu nantinya bantuan bantuan dari pemerintah bisa kita kasih 

Kemudian, dinas Koperasi juga harus melakukan pembinaan kepada PKK untuk menciptakan produk dan menghadirkan rasa kerupuk kulit ikan nila yang bervariasi, ada yang pedas, manis dan original. Sehingga produk ini bisa bertahan dan diminati banyak orang.

"Bila perlu pemasaran bisa menggunakan gerobak dengan ukuran yang sama beberapa unit di setiap rest area di pinggir jalan termasuk disepanjang jalan menuju Destinasi Kawasan Danau Toba Sehingga dapat menarik perhatian pengunjung yang sedang melintas", Terang Zonny Waldi

Zonny juga meminta agar ibu PKK Nagori Tambun Raya transparan dalam menjalankan usahanya. Dengan begitu, Harus transparan, agar usahanya bisa tetap berjalan dengan lancar. Saya berharap Nagori ini nantinya menjadi desa percontohan PKK

Imam Santoso Deputy Head of Tilapia Operation PT Suri Tani Pemuka mengatakan, pembinaan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam merangkul dan membantu masyarakat untuk dapat mengembangkan diri. Terlebih, dengan dicanangkannya Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), masyarakat setempat harus dapat mandiri dan berdaya saing di industri pariwisata.

Dengan penetapan DPSP untuk Danau Toba, tentunya potensi kunjungan wisatawan di masa yang akan datang akan semakin meningkat. para wisatawan ini merupakan potensi pasar yang baik untuk para anggota PKK memasarkan produk kerupuk kulit ikan hasil olahannya.

Karena, selain mendapatkan manfaat ekonomi untuk membantu penghidupan keluarga, para anggota PKK ini juga turut memperkenalkan produk asli setempat melalui olahan kulit nila yang dapat menjadi buah tangan bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerahnya. Seperti diketahui, ikan nila hasil budidaya di Danau Toba merupakan salah satu produk unggulan ekspor Indonesia yang diminati oleh mancanegara.

Pada hakekatnya, ikan nila merupakan jenis ikan yang dapat dimanfaatkan secara keseluruhan. Seperti halnya bagian kulit ikan yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi cemilan ataupun sebagai pendamping makanan utama apabila diolah dengan baik. Saat ini, kegiatan produksi dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu, disela hari para anggota PKK melaksanakan kegiatan utamanya yakni berladang.

“PT Suri Tani Pemuka sebagai perusahaan yang mengusung sustainable aquaculture berharap budidaya ikan nila dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak, baik pembudidaya hingga masyarakat sekitar wilayah operasional, dan lebih jauh lagi dapat mempromosikan produk olahan hasil budidaya Danau Toba yang dapat dinikmati siapapun," tutup Imam.

Peresmian UMKM TABO Tilapia Skin dihadiri, Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Arnold Silaean, SH, Kepala Dinas Koperasi dan UKM diwakilkan Kabid Bina UMKM Kabupaten Simalungun, Seridanna Saragih, SE, MSi dan Manajemen PT Suri Tani Pemuka Surono dan Hendri Dayu

Selain juga dihadiri Pangulu Nagori Tambun Raya, Bilher Damanik dan Ketua PKK Nagori Tambun Raya Bintang Tobing dan seluruh Anggota PKK Nagori Tambun Raya (K712)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama