Dihantam Hujan Deras, Masjid Al Khusaeni Carita Terendam Banjir

Masjid Al Khusaeni Carita (1895) terendam banjir. Sabtu 19 Maret 2022.


MENARATODAY,COM, Carita-Akibat dihantam hujan deras semalaman, sejumlah kampung di Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten kebanjiran.

Masjid Al Khusaeni Carita pun tak luput dari musibah itu.

Salah satu warga setempat Agung mengatakan, kondisi tersebut akibat hujan yang turun semalaman sangat deras, sehingga mengakibatkan meluapnya aliran sungai Ci Cori atau Kali Masjid biasa warga setempat menyebutnya.

"Itu karena hujan yang turun tadi malam hingga pagi ini belum berhenti, hingga mengakibatkan aliran sungai Ci Cori (Kali Masjid) meluap, dan merendam sejumlah rumah warga dibeberapa kampung, diantaranya Kampung Pagedongan, Udik, Pakojan, Botok dan Kampung Kasepen, dan saat ini warga mengungsi ke jalan raya," tutur Agung. Sabtu 19 Maret 2022.

Tidak hanya itu, kata Agung, Masjid paling bersejarah yang berdiri sejak tahun 1895, yakni Masjid Al Khusaeni Carita juga terkena dampaknya.

"Banjir yang terjadi sejak pukul 05.00 Wib ini tidak hanya merendam puluhan rumah warga, namun juga merendam Masjid Al Khusaeni Carita, ketinggian air sekitar satu meteran lebih (seperut orang dewasa lah)," ujarnya.


Warga setempat menutup akses jalan menuju Anyer dan Cilegon.

Agung menambahkan, banjir kali ini merupakan kali kedua yang terjadi di Kecamatan Carita.

"Ini yang kedua kali Carita kebanjiran, sebelumnya pernah banjir juga tahun 2017," kata Agung.

Ia menuturkan, demi keselamatan bersama untuk sementara akses jalan dari arah pasar Carita menuju Pantai Carita ditutup.

"Yang hendak menuju Anyer dan Cilegon sebaiknya tidak melintasi Carita, karena sementara ini akses jalannya ditutup untuk sementara," jelasnya. (la)***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama