Rawan Laka Lantas, Polsek Pulosari Siaga 24 Jam di Tanjakan Bangangah



Pulosari, MENARATODAY.COM-Tanjakan Bangangah yang terletak di Kampung Kadu Hileud, Desa Banjarwangi Pulosari, terkenal curam dengan turunan yang sangat tajam, tanjakan tersebut merupakan salah satu tanjakan ekstrim yang berada di kabupaten Pandeglang. Tak jarang di tanjakan ekstrim tersebut sering terjadi rawan kecelakaan lantaran kendaraan tidak kuat untuk menanjak.

Tanjakan Bangangah memang dikenal sering terjadi kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas), lantaran jalan tersebut sangat curam dan berbagahaya untuk dilalui, tak ayal kendaraan minibus pun sering mundur karena tak kuat menanjak, bahkan sesekali warga setempat membantu mengganjal agar mobil tidak mundur.

Kapolsek Pulosari Iptu Erwin heryadi mengatakan, Satuan Polisi Sektor (Polsek) Pulosari, siap siaga berjaga selama 24 jam di tanjakan Bangangah yang dikenal ekstrim, hal itu untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan selama jalur arus mudik lebaran 2022. 

"Untuk tanjakan Bangangah kita siapkan anggota siaga 24 jam, untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dijalur tanjakan Bangangah," kata Kapolsek Pulosari Iptu Erwin heryadi. Selasa (26/04/2022).

Erwin melanjutkan, jika ada kendaraan yang mogok di tanjakan tersebut karena tidak kuat menanjak, dirinya mengaku sudah menyiapkan beberapa strategi agar tidak terjadi kemacetan yang padat.

"Kalau ada kendaraan mogok kita siapkan komunikasi dengan pihak terkait seperti bengkel, kendaraan yang mogok di sana biar jangan mengganggu arus lalu lintas, sehingga arus lalu lintas bisa berjalan lancar," ujarnya.

Erwin menambahkan, jika menemui ada kendaraan muatan yang melebihi kapasitas (Overload) pihaknya akan memutar balikkan kendaraan tersebut, tindakan itu dilakukan untuk minimalisir angka kecelakaan.

"Kalau ada muatan yang cukup berat melebihi kapasitas, kita akan putar balik, Karena takutnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita putarkan arah jangan melewati tanjakan Bangangah agar aman," tegasnya. 

Kapolsek Pulosari Iptu Erwin Heryadi mengimbau, kepada para pemudik yang akan melewati jalur tanjakan Bangangah agar terlebih dahulu mengecek kendaraannya, karena menurutnya kondisi kendaraan harus penting diperhatikan oleh pengendara. 

"Pastikan kendaraan saat berpergian dalam keadaan sehat dan perjalanan pun bisa aman selamat sampai tujuan. Jika berkendara jangan gunakan handphone karena menggangu konsentrasi saat mengemudi," imbaunya. ***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama