Tingkatkan Kesempatan Kerja, Pemkab Toba Tandatangani MoU dengan Mitra Industri

MenaraToday.Com - Medan

Pemerintah Kabupaten Toba melalui Wakil Bupati Tonny M. Simanjuntak, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU)  berisi kerjasama dengan pemerintah dan mitra industri dalam rangkaian acara  Peresmian Gedung Workshop Pariwisata dan Perkayuan di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan, Selasa (17/5/2022)

Menteri Tenaga Kerja DR.H. Ida Fauziah, M.Si, hadir dalam acara bertajuk "Inauguration of School Operation and Signing Mou of Vocational Training, sekaligus meresmikan gedung workshop pariwisata dan perkayuan serta menyaksikan penandatanganan MoU antara Kementerian Tenaga kerja bersama beberapa kepala daerah di Provinsi Sumatera Utara.

Gubernur Sumatera Utara, yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Afifi Lubis, dalam kata sambutannya melaporkan kondisi ketenagakerjaan di Provinsi Sumatera Utara sesuai dengan data BPS, dimana jumlah penduduk usia kerja (PUK) adalah sebanyak 10,98 juta orang, jumlah angkatan kerja (AK) sebanyak 7,74 juta orang, penganggur terbuka sebanyak 423 ribu orang dengan tingkat penganggur terbuka sebanyak 5,47%.

Berbagai program telah dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang ada di Provinsi Sumatera Utara yang bertujuan meningkatkan kompetensi untuk dapat mengurangi jumlah pengangguran di daerah ini.

Di Provinsi Sumatera Utara terdapat 12 balai latihan kerja (BLK) pemerintah, 498 Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS), dan BLK komunitas yang tersebar di beberapa kabupaten/kota.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tetap berkeinginan mendorong BLK pemerintah dan swasta agar dapat mempersiapkan calon pekerja migran Indonesia yang akan bekerja diluar negeri sesuai job order.

Hari ini kita bersyukur akan diresmikannya "BLK Maritim di Provinsi Sumatera Utara, saya atas nama pemerintah provinsi sumatera utara berterima kasih serta apresiasi setinggi- tingginya kepada Kementerian Tenaga Kerja yang telah memilih Provinsi Sumatera Utara menjadi salah satu dari 3 provinsi yang dipercaya dalam pengembangan BLK maritim bersama Provinsi Banten dan Sulawesi Selatan", sebut Afifi.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah, dalam sambutannya mengatakan bahwa Danau Toba merupakan salah satu destinasi pariwisata super prioritas. Sehingga pengembangannya harus melibatkan semua stake holder untuk pendidikan dan pelatihan vokasi.

"Semoga apa yang menjadi ikhtiar kita bersama, akan menjadikan Provinsi Sumatera Utara khususnya kawasan Danau Toba menjadi destinasi wisata dunia yang bisa menghasilkan devisa untuk meningkatkan perekonomian sumatera utara dan Indonesia", kata  Ida Fauziah mengakhiri.

Turut hadir  Austrian Embassy, Kepala BNSP, deputi/direktur Bappenas, perwakilan bupati/walikota se- Sumatra Utara, Kepala Dinas Perijinan dan Tenaga Kerja kabupaten/kota se-Sumatera Utara,  Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakakab Toba. (JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama