Mahasiswa KKNT MBKM UPNVJT Lakukan Pendampingan Media Sosial kepada UMKM “Sang Telang"

MenaraToday.Com - Blitar : 

Dimulai tanggal 25 Mei sampai 15 Juni 2022, mahasiswa KKNT MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur yang tergabung dalam Kelompok 148 melakukan kegiatan pendampingan media sosial kepada pelaku UMKM “Sang Telang”.

Kegiatan tersebut dilakukan di dua tempat berbeda, yaitu di balai RW 07 Kelurahan Tanjungsari dan di rumah salah satu pelaku UMKM “Sang Telang”.

UMKM “Sang Telang” merupakan UMKM yang berfokus mengolah bunga telang menjadi berbagai macam olahan, seperti Wedhang Uwuh Bunga Telang (Lawuh Tea) dan Telang Celup (ameTea). UMKM ini termasuk baru karena berdiri bulan September 2021. Alhasil, konsumen dari produk UMKM “Sang Telang” masih tetangga sendiri. Untuk meningkatkan branding dan memperluas jangkauan pasar diperlukan adanya suatu perubahan yang berarti.

Kelompok 148 KKNT MBKM UPNVJT memilih melakukan pendampingan media sosial karena mengingat di zaman sekarang teknologi sudah begitu canggih dan media sosial memiliki peran penting dalam kemajuan suatu bisnis.

 Ada berbagai macam media sosial yang digunakan dalam kegiatan pendampingan, mulai dari Facebook, Instagram, YouTube, hingga TikTok.

Pendampingan dilakukan dengan cara mengenalkan media sosial tersebut kepada pelaku UMKM dan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Selain itu, Kelompok 148 KKNT MBKM UPNVJT mengajarkan kepada UMKM “Sang Telang” mengenai cara membuat konten yang baik agar dapat menarik perhatian masyarakat luas. 

Pelaku UMKM disarankan memakai aplikasi CapCut untuk mengedit konten video. Pemilihan aplikasi tersebut berdasarkan tingkat kemudahan dalam penggunaannya.

Setelah Kelompok 148 KKNT MBKM UPNVJT memberikan pendampingan, pelaku UMKM mencoba mempraktikkan apa yang telah diperoleh.

Kemudian, dilanjutkan dengan evaluasi untuk mengetahui seberapa jauh UMKM “Sang Telang” memahami materi selama kegiatan pendampingan berlangsung.

Pelaku UMKM “Sang Telang” merasa antusias mendapatkan pendampingan langsung dari mahasiswa yang dianggap lebih paham akan teknologi terkini. 

Setelah rangkaian kegiatan pendampingan berakhir, Kelompok 148 KKNT MBKM UPNVJT berharap UMKM “Sang Telang” bisa terus berkembang, memiliki branding yang kuat, dan jangkauan pasarnya lebih luas. (Lucky)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama