Perairan Laut Tanjab Timur Diduga Marak Praktek Ilegal Logging.

MenaraToday.Com - Tanjab Timur : 

Praktek Ilegal Logging di perairan laut Tanjung Jabung Timur semakin marak. bahkan kapal kapal pengangkut kayu tersebut lalu lalang bebas di siang hari seolah olah tidak ada mata yang memandang kegiatan ilegal tersebut.

Menurut keterangan salah satu toke kayu (cukong), kayu - kayu tersebut di peroleh dari provinsi Kepulauan Riau tepatnya di Desa Resang Kecamatan Dabok Singkep Kabupaten Lingga.dan mereka mengangkut nya dengan menggunakan Kapal motor, .

 "Ya, kayu - kayu tersebut memang kami peroleh dari Kepulauan Provinsi Riau dan kami bawa saat  air sedang pasang, kalau pasang air nya siang kami juga membawa nya pada siang hari Ke Nipah panjang. Selanjutnya untuk Kapal motor pengangkut kayu itu bukan saya saja banyak juga kapal kapal yang lain nya yang sering mengatas nama kan saya. Dan merekapun menjual nya di luar kecamatan nipah panjang. itu pun pas di tanya sama pembeli mereka selalu sebut nama saya. Selama saya bermain kayu sampai pada saat ini saya tidak pernah menjual kayu kayu tersebut keluar Nipah panjang."Ujar sang Cukong. 

Saat dimintai tanggapannya Ketua DPD PUSPA-RI (Pusat Study Pembangunan Republik Indonesia)  Provinsi Jambi yang juga Kepala Perwakilan Media Nusantara Provinsi Jambi mengatakan,Illegal logging merupakan kejahatan yang luar biasa. Karena menimbulkan kerugian bagi negara dan masyarakat baik ekonomi maupun ekologi. 

Kekayaan hayati kita akan hilang kalau hutan kita rusak. Jangka panjang bencana ekologis mengancam kehidupan masyarakat, banjir, longsor dan kekeringan. 

$Pelaku kejahatan khususnya cukong atau pemodal serta penampung kayu illegal ini sudah seharusnya dihukum seberat-beratnya. Mereka adalah penjahat yang mencari keuntungan atas kerugian negara dan penderitaan orang banyak akibat kejahatan ekologis yang mereka lakukan. Saya juga menduga bahwa kayu kayu yang berasal dari provinsi tetangga seperti Riau tidak dilengkapi oleh dokumen yang sah untuk dibawa ke Nipah panjang, dan saya akan mencoba mengkonfirmasi kepada pihak Polairud Polda Jambi untuk segera mengecek kapal kapal yang membawa kayu dari Riau ke Nipah panjang apakah dokumen nya lengkap atau memang mereka mengangkut kayu tersebut secara ilegal ujarnya,(Zai)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama