Harungguan Bolon LPA-SIMALUNGUN Sukses Dilaksanakan, JANTOGUH DAMANIK,SSos dan AHER SINAGA,SE Sebagai Ketum dan Sekjen

Acara Harungguan Bolon LPA-SIMALUNGUN.(Kolase foto/MenaraToday/Habibi Purba)

MenaraToday.Com - Pematang Siantar :

Ahli waris HARAJAON SIMALUNGUN Raja Marpitu dan Nagur memberikan maklumat kepada inisiator dan panitia Pelaksana HARUNGGUAN BOLON LPA-SIMALUNGUN beberapa waktu lalu agar membuat dan melaksanakan Harungguan Bolon serta mengundang semua Partuanon Harajaon Simalungun (Raja Nagur, Raja Siattar, Raja Dolog Silou, Raja Purba, Raja Panei, Raja Raya, Raja Tanah Jawa,Raja Silimahuta).

Ihutan morga morga, tokoh-tokoh Simalungun baik itu tatang atur, agama, lintas suku, instansi pemerintah dan kepemudaan yang punya andil dalam adat budaya Simalungun.

Pada kesempatan pembentukan LPA-SIMALUNGUN inisiator Jantoguh Damanik,S.sos memberikan sambutan bahwa adat budaya Simalungun sudah mulai tergerus dan terdegradasi baik dibidang Pararadaton, Berbahasa, Bertutur, Wilayah dan lainnya.

 "inilah sebab saya dan kawan-kawan menginisiasi agar dibentuk LPA-SIMALUNGUN (lembaga pemangku adat budaya simalungun)" ucapnya.         

Tampak hadir Pemerintah Kabupaten Simalungun pada pembukaan acara tersebut, Jumat (12/8/22) yang diwakili oleh Arifin Nainggolan selaku Kesbangpol Kabupaten Simalungun.

Dan dirinya diberi kesempatan untuk memberikan sambutan mewakili Bupati Simalungun.

"Harapan Pemerintah Kabupaten Simalungun proses pembentukan serta pemilihan pengurus LPA-SIMALUNGUN ini betul-betul kondusif dan berahap tercapai apa yang diharapkan semua peserta yang hadir" paparnya.

Harungguan Bolon LPA-SIMALUNGUN ini dihadiri peserta sekitar 300 orang dari unsur ahli waris Harajaon Simalungun, Raja Marpitu dan Nagur.

Termasuk ahli waris Partuanon, tokoh-tokoh Simalungun, instansi dan Pemuda Simalungun sesuai undangan yang dibuat oleh Panitia.

Harungguan Bolon-1 LPA-SIMALUNGUN ini dilaksanakan dua hari, pada Jum'at dan Sabtu (12-13 Agustus 2022).

Dan pada hari Sabtu Harungguan Bolon-1 LPA-SIMALUNGUN telah merumuskan AD/ART serta memilih dan mengukuhkan kepengurusannya sesuai proses pemilihan yang demokrasi.

Terpilihlah Ketua umum JANTOGUH DAMANIK,SSos Sekretaris Jenderal AHER SINAGA,SE dan MPP (Majelis Permusyawaratan Partongah) yang diketuai oleh Bupati Simalungun RADIAPOH HASIHOLAN SINAGA,SH,MH.

Harungguan Bolon-1 LPA-SIMALUNGUN dalam acara penutupan panitia pelaksana HERMANTO SIPAYUNG,SH memberikan laporan bahwa acara ini dibuat berdasarkan atas maklumat ahli waris Harajaon Simalungun Raja Marpitu dan Nagur.

"Sehingga tercapailah Harungguan Bolon-1 LPA-SIMALUNGUN ini dilaksanakan sesuai berkat Tuhan Yang Maha Esa, dan terpilihlah pengurus LPA-SIMALUNGUN Ketua Umumnya JANTOGUH DAMANIK, SSos, Sekjend AHER SINAGA,SE dan ketua MPP RADIAPOH HASIHOLAN SINAGA SH MH" ujarnya.

Dirinya berharap agar pengurus terpilih ini benar-benar punya ahap Simalungun disegala aspek kehidupan.

Bupati Simalungun RADIAPOH HASIHOLAN SINAGA,SH.MH, menberikan sambutan pada acara penutupan Harungguan Bolon-1 LPA-SIMALUNGUN

"Tunjukkan jati diri Simalungun itu pada diri kita masing-masing dan kehidupan sehari-hari sesuai falsafah Simalungun HABONARON DO BONA" pesannya.

Dan berharap agar tidak memanfaatkan LPA-SIMALUNGUN ini untuk politik pada periode berikutnya walaupun dia terpilih sebagai ketua MPP  LPAB-SIMALUNGUN.

Harungguan Bolon ditutup oleh Bupati Simalungun RADIAPOH HASIHOLAN SINAGA,SH.MH, dengan memukul gung sebanyak delapan kali didampingi oleh ahli waris harajaon Simalungun Raja Marpitu dan Nagur (Raja nagur, Raja Siattar, Raja Dolog Silou, Raja Panei, Raja Raya, Raja Purba, Tanah Jawa, Raja Silima Huta).

Ditempat lain awak media menaratoday.com mengkonfirmasi ketua umum LPA-SIMALUNGUN JANTOGUH DAMANIK,SSos, sebagai Ketua terpilih dirinya berpesan agar menjunjung tinggi nilai-nilai sesuai Habonaron Do Bona.

"Saya berharap dengan adanya wadah ini terbentuk maka kami sebagai halak (suku) simalungun akan berkewajiban melestarikan, menjaga, memajukan adat budaya simalungun dalam sendi kehidupan kami dan menjunjung tinggi nilai-nilai HABONARON DO BONA" tegasnya.

Dirinya juga menegaskan bahwa LPA-SIMALUNGUN ini tidaklah menjadi tandingan bagi lembaga yang ada di Kabupaten Simalungun, 

"Bahkan saya akan merangkul lembaga dan pemerintah Kabupaten Simalungun menjadi mitra lembaga ini, dan rencana kerja dekat ini akan melaksanakan rapat kerja dengan jajarannya" tutupnya.(Habibi Purtam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama