Kadis Poraparbud Sergai Apresiasi Dibuka Objek Wisata "Pantai Merdeka" Desa Bagan Kuala

Kadis Poraparbud, Drs Zulfikar saat foto bersama Wartawan 

MenaraToday.Com - Serdang Bedagai :

Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Poraparbud) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) menyambut baik dan mengapresiasi dibukanya akses pariwisata "Pantai Merdeka" yang ada di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin.

"Terima kasih atas gebrakan Lantamal 1 Belawan bersama Pemerintah Desa Bagan Kuala yang telah membuka akses pariwisata Pantai Merdeka," ungkap Kepala Dinas Poraparbud Sergai, Drs. Zulfikar kepada media ini di ruang kerjanya, Komplek Replika Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Sergai, Jumat (16/9/2022).

Dikatakan Zulfikar, kegiatan ini sangat mendukung, apalagi dengan terlaksananya "Kampung Kito" di Desa Bagan Kuala sebagai basis pariwisata di Pantai Merdeka. Berarti 7 Sapta Dambaan (Sapda) yang dicanangkan oleh bapak Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wabup H. Adlin Tambunan yaitu Wisata Maju Terus ini bisa tercapai.

"Kami Dinas Poraparbud Sergai sekali lagi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Komandan Lantamal 1 Belawan yang telah lama melakukan berbagai kegiatan program Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Desa Bagan Kuala, salah satunya mengembangkan wisata Pantai Merdeka," ucap Zulfikar.

Lanjut Zulfikar, kedepan kita harapkan Pantai Merdeka ini bisa menjadi salah satu objek wisata yang diunggulkan, sehingga dengan banyaknya kunjungan wisata, ada nantinya semacam Pendapatan Asli Daerah (PAD) apakah itu desa maupun kabupaten.

"Apabila PAD ini didapatkan, tentunya bisa memberikan positifnya pembangunan yang ada di Kabupaten Sergai ini," sebutnya.

Kita ketahui lanjut Kadis Poraparbud Sergai, jalan menuju Desa Bagan Kuala sudah mulus, itu semua adanya kerja keras Pemkab Sergai melalui pimpinan bapak Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wabup H. Adlin Tambunan.

Tentunya dengan kerja keras itu, masyarakat kiranya bisa menjaga, mendukung program yang dibuat oleh pemerintah.

Untuk itu kepada seluruh elemen masyarakat baik itu organisasi kepemudaan, pemerintah desa dan masyarakat bersatulah untuk mengembangkan Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala untuk menjadi salah satu kawasan wisata di Kabupaten Sergai.

"Indikasinya nanti bisa menampung tenaga kerja yang ada di desa. Masyarakatnya yang tadi tidak ada kegiatan, dengan tumbuhnya pariwisata di Desa Bagan Kuala ini bisa menumbuhkan perekonomian di desa dan sekitarnya," harapnya.

Kadis Poraparbud Sergai itu juga menyampaikan agar pemerintahan desa segera membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) melalui musyawarah di desa yang difasilitasi oleh Kepala Desa, LKMD dan BPD.

Setelah terbentuk, kepala desa langsung membuat SK dan hasilnya disampaikan kepada Pemkab Sergai melalui Dinas Poraparbud. Karena dengan Pokdarwis nantinya, mereka bergerak membuat program - program kegiatan bagaimana mengelola lokasi wisata dengan baik terutama menciptakan suasana kesejukan, keamanan, keindahan dan sapta pesona di lokasi wisata.

Jadi dengan dibentuknya Pokdarwis, agar pariwisata Pantai Merdeka yang ada di Desa Bagan Kuala ini dapat dijalankan sesuai tugas dan pokoknya dalam mengembangkan pariwisata desa tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Poraparbud Sergai, Anita Pratiwi menyampaikan terkait dengan Pantai Merdeka yang ada di Desa Bagan Kuala, Alhamdulillah Dinas Poraparbud Sergai pada tahun ini merencanakan dalam membuat Perda yaitu Perda Pengembangan Kepariwisataan.

Jadi katanya, Perda tersebut merupakan dasar kami nantinya untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Desa Bagan Kuala. Sebab Desa Bagan Kuala merupakan salah satu akses menuju Pulau Berhala yang juga merupakan salah satu potensi pariwisata di Kabupaten Sergai.

Makanya kami Dinas Poraparbud juga berusaha semaksimal mungkin agar potensi yang ada di Desa Bagan Kuala disemaksimalkan, terutama untuk meningkatkan PAD, mengingat pariwisata merupakan salah satu sumber PAD di Kabupaten Sergai.

"Harapan kami dengan adanya pengembangan pariwisata Pantai Merdeka di Desa Bagan Kuala bisa meningkatkan PAD demi untuk pembangunan Kabupaten Sergai kedepannya," ungkap Kabid. (Irlan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama