Tingkatkan Kualitas Pelaku UMKM Indramayu, Bagian Perekonomian Gelar Workshop UMKM Juara

MenaraToday.Com - Indramayu :

Dalam upaya meningkatkan kualitas para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil dan Menengah (IKM), Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar melalui Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Indramayu menyelenggarakan kegiatan pembinaan bagi pelaku UMKM/IKM di Kabupaten Indramayu.

Pembinaan bagi pelaku UMKM/IKM di Kabupaten Indramayu ini merupakan rangkaian kegiatan dari Workshop UMKM Juara. Bertempat di Ruang Ki Tinggil Setda Kabupaten Indramayu, pelaksanaan pembinaan kali ini mengambil tema “Menjadi UMKM Hebat dengan Digital Marketing dan Foto Produk”.

Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Kabupaten Indramayu Suwenda membuka secara resmi kegiatan pembinaan bagi pelaku UMKM/IKM di Kabupaten Indramayu pada Rabu, 14/9/2022.

Dalam sambutannya Suwenda mengatakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini antara lain untuk meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM/IKM agar dapat lebih mengembangkan diri, serta meningkatkan koordinasi dan kemitraan antar stakeholder dalam mengembangkan industri kecil dan menengah yang ada di Kabupaten Indramayu.

Masih lanjut Suwenda, Pemerintah Kabupaten Indramayu dibawah kepemimpinan Bupati Nina Agustina berkomitmen besar dalam memajukan UMKM/IKM di Kabupaten Indramayu. Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagin) Kabupaten Indramayu sebagai dinas teknis yang menangani UMKM/IKM mempunyai beberapa program dan kegiatan yang bertujuan dalam meningkatkan perkembangan UMKM/IKM di Kabupaten Indramayu, baik yang dibiayai dari APBD Kabupaten Indramayu, APBD Provinsi Jawa Barat maupun APBN. Kegiatan tersebut antara lain pelatihan teknis maupun non teknis seperti pelatihan pembuatan desain kemasan, pemasaran online maupun pelatihan kewirausahaan.

Kegiatan pembinaan kepada para pelaku UMKM/IKM kali ini yang mengambil tema “Menjadi UMKM Hebat dengan Digital Marketing dan Foto Produk” menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya.

Dengan dimoderatori Koordinator Pendamping UMKM Juara yang juga adalah Komisaris PT. Adsila Indonesia Sinergi, Mohammad Badry Siddkya, pembinaan pelaku UMKM ini menghadirkan narasumber pertama Akhmad Faizal yang merupakan Owner SSD Promotion. 

Ahmad Faizal memaparkan materi “Omzet melejit dengan Digital Marketing”. Dalam paparannya, Ahmad Faizal berharap setelah mengikuti pembinaan ini peserta dapat memahami bahwa kekuatan media sosial sangat besar dalam menunjang pemasaran produk UMKM melalui digital marketing.

Sementara itu narasumber kedua, Noeralif Ramadhan yang adalah Content Creator Alipyoubae, memaparkan materi “Foto Produk Kece dengan Smartphone”. Dalam paparannya, Noeralif menjelaskan bagaimana para pelaku UMKM juga dapat melakukan promosi produknya melalui foto-foto produk yang dibuat sedemikian rupa dengan menggunakan alat-alat sederhana yaitu smartphone yang telah dimiliki. 

“Foto produk yang menarik dapat menjadi alat promosi yang efektif bagi suatu produk,” ujarnya.

Selain kegiatan pembinaan kepada pelaku UMKM/IKM yang diselanggarakan oleh Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Indramayu, ada pula kegiatan yang dilaksanakan oleh Diskopdagin Kabupaten Indramayu seperti memfasilitasi pembuatan sertifikat halal, pembuatan desain kemasan serta surat rekomendasi bagi produk UMKM/IKM yang memenuhi syarat yang ingin memasuki pasar modern. Pada beberapa kesempatan, Diskopdagin Kabupaten Indramayu juga mengikutsertakan produk UMKM/IKM dalam pameran-pameran baik tingkat kabupaten, regional maupun nasional yang dimaksudkan untuk lebih meningkatkan jangkauan pemasaran produk UMKM/IKM (MT/Jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama