TK PGRI Nusa Indah Perkenalkan Musik ke Anak Usia Dini

MenaraToday.Com - Indramayu :

Guru Taman Kanak-Kanak Persatuan Guru Republik Indonesia (TK PGRI) Nusa Indah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu memperkenalkan alat musik pianika kepada anak-anak usia dini.

Hal ini dilakukan Guru TK PGRI Nusa Indah, Alin Marlina guna memberikan pengenalan terhadap jenis alat musik yang memiliki manfaat untuk pertumbuhan anak serta perkembangan anak dalam menentukan insting pengetahuannya ketika belajar.

“Menurut informasi yang saya baca ternyata belajar bermain musik itu ada manfaatnya untuk perkembangan anak. Diantaranya adalah untuk perkembangan otak bagian kiri dan kanan,” katanya Selasa (6/9/2022).

Dijelaskan Alin Marlina, dengan mendengarkan musik dan memainkan musik yang dilakukan anak-anak dapat melatih konsentrasi dan daya ingat anak serta bisa mengajarkan anak untuk disiplin dan bersabar, termasuk melatih rasa percaya diri pada anak-anak. 

“Walaupun baru bisa sedikit tapi mereka sudah senang sekali. Dengan dukungan orang tua bisa mengembangkan kemampuannya dalam memainkan alat musik,” jelasnya.

Disampaikan Alin, pengenalan musik kepada anak usia dini amatlah penting karena dalam lingkup Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yakni pendidikan Pra Sekolah Dasar yang artinya pendidikan yang di tempuh oleh anak sebelum memasuki gerbang Sekolah Dasar. 

“PAUD adalah suatu pembinaan atau pendampingan yang diperuntukan bagi anak mulai usia 0 tahun sampai  6 tahun, di masa ini merupakan masa emas (golden age) untuk pembentukan dan kepribadian anak. Pendidikan Anak Usia Dini adalah tempat dimana anak dapat berekspresi, bermain, belajar dan bereksplorasi sesuai kemampuannya,” lanjutnya.

Salah satu dari pembelajaran Anak Usia Dini adalah dengan memperkenalkan anak bermain musik yang terdapat kombinasi suara atau instrumen untuk mengkreasi melodi dan bunyi yang teratur. 

Alin memaparkan,  musik memiliki tujuan untuk memahami dan mengulang pola, menunjukkan konsep dan urutan, memahami angka dan hitungan, menyimak dan membedakan suara, memahami instruksi lisan dan lain-lain.

Lanjut Alin, bermain musik sangat digemari oleh anak-anak, dan hampir setiap  anak menggemari kegiatan bermain musik, terkadang kita melihat anak berhenti dengan kegiatannya hanya karena mendengar suara musik dan akhirnya fokus pada suara musik tersebut.

“Ada juga anak-anak dengan asyiknya menyanyikan lagu-lagu yang sering ia dengar sambil makan, mandi, menjelang tidur ataupun sedang bermain. Bagi anak-anak musik dapat menimbulkan rasa kebersamaan serta rasa gembira,” paparnya.

Menurutnya, tidak ada salahnya memperkenalkan alat musik pada anak-anak, salah satunya alat musik pianika, karena sering kali guru maupun orang tua kurang menyadari akan pentingnya pengembangan kognitif pada anak.

“Bermain musik pianika berarti kita mengembangkan kognitif anak. Anak dikenalkan dalam membaca notasi angka melalui simbol, dan mengenal simbol pada jari dalam memainkan pianika,” ungkapnya.

Guru TK PGRI Nusa Indah menyampaikan, dengan kegiatan  bermain musik di TK PGRI Nusa Indah anak juga berlatih  belajar sabar, disiplin, komunikasi, ketelitian, dan kooperatif bersama teman-teman. Aktivitas bermain yang memberi kesempatan kepada anak untuk berinteraksi dengan teman dan lingkungannya merupakan hal yang diutamakan. Selain itu, karena anak merupakan individu yang unik dan sangat variatif, maka unsur variasi individu dan minat anak juga perlu diperhatikan. 

“Manfaat pianika bagi anak antara lain, melatih kesabaran anak, meningkatkan motorik kasar dan halus anak, meningkatkan kemampuan kognitif anak, melatih koordinasi motorik kasar dan halus anak, melatih daya ingat anak untuk mengenal angka pada tuts pianika, melatih pernafasan anak, dapat meningkatkan kreatifitas anak dalam hal seni, dapat meningkatkan kemampuan anak melalui music dan dapat meningkatkan mood anak,” terangnya.

Diharapkan Alin, kegiatan  bermain musik anak juga berlatih disiplin komunikasi, ketelitian, kooperatif bersama teman- teman. Melalui kegiatan seni, anak dapat menyatakan perasaan dan gagasan, meningkatkan koordinasi mata dan tangan mereka, mengembangkan keterampilan otot yang kecil, belajar untuk mengenali warna, ukuran dan bentuk suatu benda serta mengembangkan kreativitas dengan cara mengeksplorasi dan menggunakan alat dan bahan-bahan seni.  (MT Jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama