Wabup Labura Ajak Seluruh Stakeholder Berperan Aktif dalam Penurunan Stunting

.

MenaraToday.Com - Labura : 

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara H. Samsul Tanjung, ST, MH, menghadiri acara rapat koordinasi dan konsolidasi percepatan penurunan stunting tingkat Kabupaten Labuhanbatu Utara yang diselenggarakan BKKBN Provinsi Sumatera Utara di aula Hotel Permata Warna, Aek Kanopan, Jumat (9/9/2022).. 

Wabup Samsul Tanjung pada kesempatan itu menyampaikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara secara serius dan optimis dalam upaya penurunan stunting. Dengan telah menerbitkan peraturan Bupati tentang penetapan lokasi prioritas percepatan penurunan stunting Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2022 dan 2023, membentuk Tim Pendamping Keluarga (TPK), mengaudit Lokus Stunting, dan melakukan MOU bersama penghulu KUA dan pimpinan jemaat gereja tentang pendataan remaja calon pengantin (catin). 

"Tidak hanya lintas sektoral, tetapi seluruh stakeholder harus berperan aktif dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Basimpul Kuat Babontuk Elok", sebutnya.

Menurutnya, ada beberapa strategi dalam penurunan stunting yaitu meningkatkan kualitas penyiapan kehidupan keluarga, menjamin pemenuhan asupan gizi, memperbaiki pola asuh, meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan, meningkatkan akses air minum dan sanitasi. 

"Kuncinya pada penanganan stunting ini adalah 1000 hari pertama kelahiran (HPK) pada bayi, sehingga perhatian kepada ibu hamil dan balita dibawah dua tahun (Baduta) baik melalui intervensi gizi spesifik, maupun intervensi sensitive perlu terus di tingkatkan", ucap Samsul Tanjung yang juga ketua percepatan penurunan stunting Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri Kepala BKKBN Provsu diwakili Koordinator KSPK Dra. Lusi Destriati, Ketua TP PKK Ny. dr. Rama Dhona Hendriyanto Sitorus,M.Ked(Ped),Sp.A, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Ny. dr. Zuhriani Samsul Tanjung, Kepala DPPKB Erni Malinda Napitupulu, SKM, Kepala Bappeda H. Ikhwan Lubis, Kadis Kesehatan Hj. Jannah, SKM, MM, para kepala OPD,, Camat dan kepala Puskesmas (Greg)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama