Akibat Dilintasi Kenderaan Over Tonase Lebih 30 Ton, Dinas PUPR Sergai Perbaiki Jalan Rusak

Tampak Dinas PUPR Sergai sedang melakukan perbaikan jalan yang rusak akibat dilintasi truk yang melebihi tonase.

MenaraToday.Com - Serdang Bedagai :

Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Serdang Bedagai sedang memperbaiki jalan rusak yang berlokasi di Desa Sei Parit, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

”Rusaknya Jalan tersebut akibat sering dilintasi truk yang melebihi over tonase kurang lebih 30 ton, sehingga Dinas PUPR Serdang Bedagai langsung turun dilokasi" tegas Kepala Dinas PUPR Sergai, Johan Sinaga kepada wartawan, Senin (31/10/22).

Kadis PUPR yang dekat dengan awak media ini mengatakan, perbaikan jalan tersebut dilakukan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melalui Dinas PUPR. Akibat banyak kenderaan yang melintas melebihi tonase (over kapasitas).

"Kita punya dokumentasi, perbaikan jalan sedang berjalan dan pekerjaan tersebut tidak langsung siap, karna butuh proses agar jalan yang diperbaiki mendapat kepadatan yang cukup dan matang, kemudian baru dihampar dengan material base klas 'A' dan dihotmix kembali" papar Kadis PUPR yang komunikatif ini.

”Kurang lebih 5 Kilometer yang dibangun pada ruas jalan tersebut dan hanya ada beberapa titik yang mengalami rusak akibat sering dilintasi truk yang melebihi tonase, namun jalan yang rusak saat ini sedang diperbaiki“ tambah Johan Sinaga yang dikenal ramah dan rendah hati ini.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Erwinsyah Deny, ST menambahkan pekerjaan tersebut sedang diperbaiki. 

Bahkan Jalan yang rusak langsung dibongkar sampai lapisan paling bawah.

”Saat ini sudah dilaksanakan pekerjaan sirtu dan dilakukan pemadatan dengan alat dan dilakukan pemadatan melalui open trafic beberapa hari. Setelah itu akan dilaksanakan pekerjaan lapisan agregat kelas 'A' dan dilanjutkan dengan pekerjaan hotmix" jelas Erwinsyah

Lanjut Erwinsyah, perlu kita ketahui sama -sama bahwa kerusakan jalan tersebut dikarenakan kendaraan yang lewat melampaui beban maksimum kelas jalan kita yaitu kelas III dengan kapasitas maksimal 8 Ton. Sementara yang melewati sampai 30 Ton.

”Kita lihatlah truk yang melintasi jalan ini, banyak truk yang melintasi yang melebihi tonase hampir 30 Ton" ungkapnya.

Erwin juga menegaskan bahwa perbaikan jalan tersebut pekerjaan sirtu dan bukan dihampar tanah seperti yang diberitakan sebelumnya.

Dijelaskan Erwinsyah saat dilokasi pekerjaaan kepada Wartawan, Dinas PUPR Serdang Bedagai sebelumnya sudah melakukan sosialisasi kepada pihak Perkebunan maupun pihak Perusahaan.

"Kita sudah melakukan sosialisasi kepada pihak Perkebunan dan Perusahaan agar mengurangi muatan kenderaannya sesuai jalan Kabupaten yaitu kelas III dengan maksimum kapasitas 8 Ton. Jika tidak, maka jalan tersebut akan kita portal" tegasnya(Irlan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama