Relawan TIK Indramayu Edukasi Pelajar Tangkal Berita Hoax

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Sejumlah murid Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Indramayu sangat antusias mengikuti Seminar Literasi Digital dengan tema "Bangkit dan Lindungi Diri Di Ruang Digital" yang diselanggarakan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Indramayu, di Aula SMKN 2 Indramayu Kabupaten Indramayu, Selasa (4/10/2022).

Ketua RTIK Kabupaten Indramayu Nana Sucipta mengatakan, kegiatan literasi digital ini merupakan arahan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo) RI. Tujuannya untuk terus berkolaborasi dengan dunia pendidikan sebagai mitra yang tepat dan salah satu target  dalam memberikan pemahaman dan pembinaan terhdap keberlangsungan ekosistem teknologi digital kepada  remaja baik dalam hal penggunaan maupun pemanfaatan.

“Tujuan dan target dari kegiatan ini adalah para peserta mampu menggunakan dan memanfaatkan dunia digital dengan baik dan benar serta mengurangi bahkan ikut mencegah berita hoax di media sosial serta turut mendukung dan memujudkan Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat),” katanya.

Nana menyampaikan terima kasih kepada SMKN 2 Indramayu dan stakeholder terkait yang sudah mendukung dan membantu sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Sementara itu Kepala SMKN 2 Indramayu Yeti Sumiyati mengatakan, melalui kegiatan edukasi literasi digital ini para peserta diharapkan untuk memanfaatkan dengan baik segala informasi yang didapatkan serta dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa terhindar dari maraknya berita hoax.

“Saya menekankan jangan sampai ikut menyebarkan berita hoax dan bulying baik langsung maupun melalui media sosial sehingga tersandung dan melanggar UU ITE karena akan berhadapan dengan hukum walaupun masih dibawah usia tetap akan di proses,” tegasnya.

Dalam seminar tersebut RTIK menampilkan beberapa narasumber sebagai pemateri di antaranya Makrus, Spi, MSi Waka Kurikulum SMKN 2 Indramayu dengan materi Etik Bermedia Digital, Rohmawan. Spd Waka RTIK Indramayu dengan materi Menjadi masyarakat Pancasila di era digital dan Rendi Syamsul Azid Kepala bidang Humas RTIK Kabupaten Cirebon dengan materi Digital Skill dengan teknis penyampaian materi dan sesi tanya jawab dengan peserta. 

Acara tersebut juga dihadiri oleh Pembina RTIK Indramayu Martin Nahruirvan dan Bustomi yang juga merupakan pengurus KNPI Kabupaten Indramayu. Martin turut memberikan motivasi kepada para peserta pentingnya mengetahui dan paham tentang dunia digital. 

Hal ini dikarenakan semua aspek kehidupan masyarakat modern sekarang ini dalam beraktivitas tidak lepas menggunakan fasilitas digital. Yang paling penting adalah dalam penggunaan teknologi digital juga harus dengan bijak demi kebaikan bersama. 

Diakhir acara penyelenggara menyampaikan kesimpulan berupa ajakan untuk kita menghormati ilmu pengetahuan dan mendukung semua bentuk kemajuan dengan mengangkat derajat manusia.(Arrie.td)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama