Sebagian Wilayah Kabupaten Blitar Tergenang Banjir

MenaraToday.Com - Blitar : 

Banjir merendam wilayah Kelurahan / Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, Senin (17/10/2022). Akibatnya, ratusan warga terdampak banjir diungsikan ke Kantor Kelurahan Sutojayan.

"Data sementara ada 179 warga yang diungsikan ke Kantor Kelurahan, masjid, rumah bidan, dan sekolahan di wilayah Sutojayan," kata Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Ivong Bettryanto di lokasi pengungsian Kantor Kelurahan Sutojayan.

Ivong memperkirakan jumlah pengungsi masih terus bertambah. Petugas terus melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir menggunakan perahu karet.

"Di wilayah Kelurahan Sutojayan ada 600 kepala keluarga. Sekarang cuaca masih hujan, perkiraan jumlah pengungsi masih terus bertambah. 

Petugas sedang melakukan evakuasi warga," ujarnya.

Dikatakannya, hampir seluruh wilayah di Kelurahan Sutojayan terendam banjir dampak hujan deras mulai Minggu (16/10/2022) sampai Senin (17/10/2022).

Kondisi banjir paling parah berada di lingkungan Gondanglegi dan Blimbing di Kelurahan Sutojayan.

Ketinggian air di dua lingkungan itu mencapai 50 cm sampai satu meter.

“Banyak laporan banjir yang masuk ke kami, tapi sementara kami fokus di wilayah Sutojayan. Karena jumlah warga yang terdampak banyak," katanya.

Pantauan di tempat pengungsian, sejumlah warga yang diungsikan di Kantor Kelurahan Sutojayan paling banyak orang tua, perempuan, dan anak-anak.

Untuk sementara mereka dikumpulkan di ruangan di Kantor Kelurahan Sutojayan.

"Semalam hujan deras sampai pagi. Air masuk ke permukiman warga sekitar pukul 05.00 WIB. Warga dievakuasi ke kantor kelurahan," kata Sujarwo yang ikut mengungsi bersama ibunya di Kantor Kelurahan Sutojayan. (Lucky)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama