Warga Desa Matio Hibahkan Lahan Sawah Untuk Perbaikan Drainase

MenaraToday.Com - Toba : 

Peran serta masyarakat dalam mendorong percepatan pembangunan, menjadi hal penting terwujudnya pembangunan diberbagai aspek. 

Hal ini dilakukan oleh sebanyak 9 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Matio di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara. Mereka menghibahkan lahan sawahnya guna mendukung perbaikan drainase/irigasi dibibir bahu jalan yang saat ini tengah dilakukan Penyelenggaraan Rehabilitasi Jalan Kabupaten Jurusan Sibulele-Bonandolok di daerah itu oleh Pemkab Toba. 

Jaiman Panjaitan salah satu warga dari ke 9 KK yang menyerahkan lahan, Kamis (20/10/22) mengatakan ikhlas dan sukarela. Hal ini kan toh juga untuk kepentingan bersama. Kami berharap pekerjaan dapat berjalan baik, sehingga segera dapat dimanfaatkan warga, ujarnya seraya menyebutkan bahwa luas lahan yang dihibahkan kurang lebih seluas 1 meter oleh masing-masing 9 KK warga tersebut. 

Dukungan pembebasan lahan oleh warga, terkait Penyelenggaraan Rehabilitasi Jalan oleh Pemkab Toba melalui Dinas PUTR. Jenis kegiatan pekerjaan adalah pembuatan drainase sepanjang 370 meter di sepanjang bibir bahu jalan. Dimana anggarannya, bersumber dari APBD Kabupaten Toba Dinas PUTR tahun anggaran 2022.

Capaian progres pekerjaan sudah mencapai 75 persen, dan akan segera rampung hingga secepatnya dapat dimanfaatkan masyarakat, ujar M. Simanjuntak selaku pelaksana pekerjaan. 

Hal senada disampaikan Saur Sitorus selalu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas PUTR Toba. Pemerintah mengapresiasi dukungan warga yang seperti ini.Nantinya badan jalan akan bertambah luas dan memiliki drainase sebagai saluran air yang bertambah besar dari sebelumnya.

Sebelumnya drainase sangat kecil, yang berakibat sewaktu-waktu air meluap ke badan jalan dan berpotensi mengganggu pengguna jalan. Selain itu, luapan air berpotensi merusak jalan, ungkap Saur Sitorus. 

Apresiasi terhadap warga juga disampaikan oleh Rabin Panjaitan selalu Kepala Desa Matio. Kami mengucapkan terimakasih kepada warga yang berpartisipasi mendukung percepatan pembangunan seperti ini, ujarnya. Mereka perlu ditiru, dalam hal seperti ini untuk mendukung setiap program pemerintah apabila dibutuhkan swadaya warga dalam pembangunan sektor lainnya, imbuh Rabin.(JT) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama