Bidik Produktivitas Padi Meningkat, Pemcam dan BPP Bangodua Gelar Penyuluhan

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Menjelang masa tanam padi musim penghujan pada akhir tahun ini, Pemerintah Kecamatan Bangodua, Kabupaten Indramayu mengadakan kegiatan Penyuluhan Pertanian Kepada Kelompok Tani (Poktan) di Desa Wanasari, Kecamatan Bangodua pada Kamis (22/12/2022).

Camat Bangodua Wahyu Adhiwijaya hadir sekaligus membuka kegiatan penyuluhan pertanian yang didampingi oleh Kuwu Desa Wanasari, UPTD Pertanian Kecamatan Bangodua, koordinator BPP (Balai Penyuluh Pertanian) Kecamatan Bangodua.

Kegiatan penyuluhan tersebut bertujuan untuk meningkatkan perilaku dan wawasan dalam pengetahuan sikap dan keterampilan para petani dalam melaksanakan usaha pertanian.

Camat Bangodua menyampaikan kepada para petani tentang pelaksanaan awal musim tanam 1 atau rendeng (red: penghujan) untuk segera mempercepat olah tanah. Hal tersebut dikarenakan kondisi pengairan sudah masuk ke lahan dan mendekati masa percepatan tanam padi.

Selain itu, Wahyu Adhiwijaya juga memberikan pengarahan mengenai permasalahan ketersediaan air, pengendalian hama tikus dan penyaluran pupuk bersubsidi untuk melakukan pengolahan lahan dan penyemaian. Serta memberikan motivasi pada petani untuk melaksanakan gerakan pengendalian hama tikus dengan cara gropyokan serta pengumpanan dan pemasangan perangkap.

Pada kesempatan tersebut, Camat Bangodua menyampaikan kebijakan Pemkab Indramayu terkait dengan Puspa (Pusat Pangan) yang telah dilaksanakan oleh masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami tanaman holtikultura, kecambah, dan sayuran lainnya serta melaksanakan budidaya ikan.

Penyampaian kebijakan pemda Indramayu terkait Puspa tersebut dalam rangka mengantisipasi ketahanan pangan keluarga dalam menghadapi tahun 2023. Oleh karena itu Camat Bangodua Wahyu Adhiwijaya mengharapkan masyarakat dapat melaksanakan program Puspa untuk dapat menjadi konsumsi keluarga serta memberikan nilai ekonomis pada keluarga.

“Saya berharap dengan pemanfaatan pekarangan rumah melalui program Puspa ini dapat semakin meningkatkan ketahanan pangan keluarga yang tentunya akan berimbas pada meningkatnya ekonomi masyarakat menuju Indramayu Bermartabat,” pungkasnya. (Rakiyah ilik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama