Inisiasi Pemugaran Mual Sipangolu: Kapolres Toba Mendapat "Bulangbulang" dari Tokoh Masyarakat dan Tokoh Parmalim

MenaraToday.Com - Toba :

Dalam Budaya Peradatan Suku Batak, "Bulangbulang" merupakan sebuah acara penghormatan yang sangat tinggi dan resmi terhadap seseorang, atas sebuah jasa maupun bentuk perbuatan lainnya yang membawa dampak kebaikan terhadap sekelompok orang bahkan masyarakat luas. 

Lazimnya, pemberian "Bulangbulang" dihelat melalui pemberian seperangkat Pakaian Adat berupa Ulos, Topi, Tongkat maupun benda-benda klasik lainnya, yang lazimnya dikenakan oleh Penetua Adat Batak, bahkan seseorang Raja yang diberikan kepada seseorang yang dianggap tokoh yang sangat dihormati. 

Demikian halnya, "Bulangbulang" yang diterima oleh Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, atas atensi inisiasinya hingga terlaksananya pemugaran "Mual Sipangolu" yang terletak di Desa Parparean I Kecamatan Porsea, tepatnya di Samping Mapolres Toba.

Acara "Bulangbulang" dilaksanakan secara bersamaan pada acara Peresmian Mual Sipangolu yang berlangsung di Halaman Mapolres Toba, Kamis (22/12/22). Turut hadir PJU Polres Toba, Polsek Sejajaran, Pemkab Toba yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Unsur Forkopimda, Kepala Desa Parparean I, Tokoh Masyarakat Marga Napitupulu dan Penganut Parmalim Huta Halasan. 

"Mual Sipangolu" yang terletak persis di samping Mapolres Toba, konon merupakan Mual (Sumur Air) Raja Sisingamangaraja XII dimasa hidupnya sebagai Raja Batak, sekaligus menjadi Pahlawan Batak dimasa kolonialisme yang selanjutnya Raja Sisingamangaraja XII didaulat menjadi "Pahlawan Nasional RI" sesudah wafat. 

Sebelumnya, Marga Napitupulu yang mayoritas sebagai penduduk asli Desa Parparean I bersama Penganut Parmalim (Ugamo Kepercayaaan yang dianut oleh Raja Sisingamangaraja) Huta Halasan, melakukan komunikasi yang persuasif meminta dukungan Kapolres Toba untuk melakukan perbaikan Lokasi Mual Sipangolu, yang akhirnya sangat direspon oleh Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat. Hingga akhirnya dilakukan perawatan lokasi Mual Sipangolu dan pemugaran hingga terlaksananya Acara peresmian tersebut. 

Hal itu disampaikan oleh Wilson Napitupulu, selaku tokoh masyarakat Desa Parparean I ditengah acara Peresmian Mual Sipangolu, sekaligus pemberian "Bulangbulang" kepada Kapolres Toba. 

 Aldon Sirait pemuka Ugamo Parmalim Huta Halasan, mengungkapkan, bahwa atas keterbukaan hati Kapolres yang bersedia mendukung pemugaran " Mual Sipangolu" sangatlah patut di apresiasi. Kami melihat, sosok Taufiq Hidayat sejak bertugas di Toba, begitu dekatnya dengan seluruh elemen masyarakat. Beliau ini tidak pilih-pilih dengan masyarakat bahkan siapa saja, untuk berdiskusi demi kemajuan Toba, salah satunya dengan rencana melakukan pemugaran "Mual Sipangolu". Beliau sangat respek dan itu sungguh kami apresiasi, ungkap Aldo Sirait. 

Atas dasar itulah, kami bermufakat menyampaikan apresiasi kepada Kapolres melalui acara"Bulangbulang" ini. Kami berharap kedepannya Mual Sipangolu ini tetap terawat, bersih dan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar dan masyarakat Toba secara umumnya, sebab dengan dirawatnya situs-situs di Toba, salah satunya Mual Sipangolu ini, diharapkan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar, ditengah penggalakan sektor kepariwisataan di Toba, ungkap Aldo, seraya menyampaikan dukungan doa buat kesehatan Kapolres dan keluarga. 

Dalam sambutannya, Kapolres Toba, mengucapkan terimakasih atas diterimanya "Bulangbulang".Akhirnya impian saya terkabulkan menjadi bahagian dari Raja Sisingamangaraja dan Batak umumnya, ucap Kapolres dengan nada haru. Berdasarkan sejarah, saya tahu ketelaudanan Raja Sisingamangaraja di masa dulu, yang semestinya kita telaudani untuk diwariskan kepada generasi muda dan penerus, khususnya bagi Masyarakat Toba, ungkap Kapolres. 

Mari kita rawat bersama Mual ini. Sebab hal itu merupakan bahagian penghormatan terhadap peninggalan leluhur dan Pahlawan yang sepatutnya di lestarikan. Saya sudah diskusikan kepada Ugamo Parmalim, Pemerintah Setempat dan Pemkab Toba agar nantinya situs ini dikembangkan, menjadi objek wisata rohani maupun objek wisata leluhur. Oleh karenanya kita mesti bersama-sama memberikan atensi dukungan untuk mewujudkannya, pungkas Kapolres. 

Asisten Pemerintahan Pemkab Toba Eston Sihotang dan Wakil Ketua DPRD Toba Candrow Manurung, mengapresiasi pemugaran Mual Sipangolu. Dalam sambutannya, Eston dan Candrow bersepakat bahwa Pemkab Toba dan DPRD akan terus mendorong perawatan dan pelestarian Mual Sipangolu menjadi objek wisata rohani maupun Objek Wisata Leluhur nantinya. 

Diakhir keseluruhan rangkaian acara yang bernuansa adat budaya dan kekeluargaan itu, secara simbolik dilakukan penandatangan serah terima Mual Sipangolu oleh Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb kepada Pemkab Toba yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Pemkab Toba Eston Sihotang, untuk dikembangkan menjadi objek wisata kedepannya.(JT) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama