Jaga Produktivitas Padi, Pemcam Widasari Basmi Hama Tikus

 

MenaraToday.Com - Indramayu :

Pemerintah Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu bersama kepala desa dan para petani setempat mengadakan penanganan dan pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT). Kali ini Pemcam Widasari bersama masyarakat melakukan gropyokan hama tikus, di lahan persawahan Desa Ujungpendok Jaya, Kecamatan Widasari, pada Selasa (20/12/2022).

Dikatakan Camat Widasari Sidik Trihartono, tujuan gropyokan hama tikus adalah untuk mencegah kerusakan yang dapat menurunkan produktivitas tanaman padi milik petani.

"Dengan massifnya hama tikus di persawahan Desa Ujungpendok Jaya Kecamatan Widasari yang sering merugikan hasil bumi petani, kami bersama petani mengadakan giat pengendalian gropyokan hama tikus," katanya 

Dalam kesempatan tersebut Camat Widasari Sidik Trihartono berharap, dengan ada kegiatan tersebut diharapkan dapat meminimalisir serangan hama tikus pada musim tanam dan dapat meningkatkan produktivitas hasil padi para petani.

Disamping itu monitoring keberadaan dan aktivitas tikus sangat penting diketahui sejak dini agar usaha pengendalian dapat berhasil. 

"Cara monitoring antara lain dengan melihat lubang aktif, jejak tikus, jalur jalan tikus, kotoran atau gejala kerusakan tanaman. Selain itu tidak kalah pentingnya adalah mewaspadai terhadap kemungkinan terjadinya migrasi (perpindahan tikus) secara tiba-tiba dari daerah lain dalam jumlah yang besar," terangnya. (MT jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama