Raih Penghargaan IMWA Tahun 2022, Bupati Indramayu Minta Bentuk Forum Purna PMI

 

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Keberhasilan Kabupaten Indramayu meraih penghargaan Indonesian Migrant Worker Awards (IMWA) Tahun 2022 tak terlepas dari peran serta sejumlah pihak salah satunya Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan Purna PMI di Kabupaten Indramayu.

Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar pun menginisiasi para Purna PMI di Kabupaten Indramayu untuk membentuk suatu organisasi Purna PMI yang berperan untuk membantu permasalahan para PMI asal Kabupaten Indramayu.

Hal itu disampaikan Bupati Indramayu Nina Agustina saat bertemu langsung dengan para Purna PMI Kabupaten Indramayu pada Selasa petang (20/12/2022). Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Kepala Perangkat Daerah terkait, Perwakilan PT KPI RU VI Balongan, Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu dan tamu undangan lainnya, di salah satu destinasi wisata kuliner yang berada di jalan pahlawan Indramayu.

Dikatakan Bupati Nina Agustina, sebagai bentuk kepedulian Pemkab Indramayu terhadap PMI perlu didukung oleh sejumlah pihak salah satunya melalui peran serta Purna PMI Indramayu.

"Bagaimana Purna PMI ini dibentuk kepengurusan atau Forum untuk menyikapi atau menginformasikan adanya temuan permasalahan yang dihadapi para PMI Kabupaten Indramayu yang tengah bekerja," katanya.

Terlebih menyikapi PMI yang menjadi korban penempatan ilegal, sehingga jangan sampai aduan tersebut bisa ditemukan langsung oleh Bupati Nina Agustina.

"Yang legal saja banyak ditemui masalah apalagi yang ilegal. Jangan sampai aduan mengenai permasalahan PMI ini langsung ke saya, baik PMI yang sakit atau membutuhkan pertolongan. Sehingga perlu disikapi bagaimana Pemerintah Kabupaten Indramayu hadir untuk PMI," tambahnya.

Bupati berharap, dibentuknya Purna PMI Indramayu menjadi suatu organisasi dapat terealisasi, bahkan hingga tingkat kecamatan mengingat Kota Mangga adalah daerah basis PMI terbesar di Jawa Barat bahkan di Indonesia.

Sehingga terbentuknya organisasi Purna PMI ini dalam rangka perwujudan kehadiran Pemkab Indramayu terhadap permasalahan PMI yang sedang bekerja di luar negeri baik dalam pendampingan hukum atau membantu permasalahan lainnya.

Pada pertemuan tersebut, Bupati Nina Agustina juga berharap kepedulian dari mitra kerja Pemkab Indramayu baik dari BUMN maupun perusahaan swasta melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk memberdayakan Purna PMI Indramayu, disamping terealisasinya program unggulan yakni Perempuan Berdikari (Peri) yang bertujuan meningkatkan taraf hidup melalui pelatihan kewirausahaan.

Usai berbincang-bincang terkait kepedulian terhadap PMI, Bupati Nina Agustina secara simbolis menyerahkan bingkisan sembako kepada para Purna PMI Indramayu. (MT jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama