Rongga Jembatan di Jalan By Pass Balige Menganga, Ancam Keselamatan Pengguna Jalan

Keterangan Gambar: Kondisi Jembatan Jalan  By Pass yang ancam keselamatan pengendara (Foto : JT)

MenaraToday.Com - Toba :

Rongga atau celah yang terdapat pada kontruksi sebuah jembatan berfungsi untuk memberikan ruang, untuk mengantisipasi kerusakan pada konstruksi jembatan akibat proses pemuaian yang diakibatkan panas.

Namun saat ini rongga atau celah di 3 buah jembatan yang terdapat di di Jalan By Pass Balige, Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara menganga akibat material cor semen yang melapisnya retak hingga membuat karet didalam rongga jembatan tersebut timbul kepermukaan badan jalan. Hal ini mengancam keselamatan pengguna jalan, khususnya kendaraan roda dua.

Akibat kondisi seperti ini, mengakibatkan hentakan yang cukup kuat terhadap kendaraan roda 2 dan jenis kendaraan lainnya dikala melintas dari ketiga jembatan tersebut. 

Hal ini sangat berpotensi membuat pengendara terjatuh bahkan mengakibatkan tabrakan dengan kendaraan lain disaat  menghindari lobang yang terdapat dikedua rongga pada ujung jembatan itu. 

Melihat kondisi ini, warga meminta instansi terkait untuk segera melakukan perbaikan. Andi, salah seorang pengguna jalan, Senin (5/12/22) mengungkapkan bahwa kondisi ini sudah meresahkan pengguna jalan. Menurutnya pihak terkait yang berwenang melakukan perbaikan dianggapnya lalai. Sebab kondisi ini sudah cukup lama. Ada 3 buah jembatan yang terdapat di Jalan By Pass ini, dimana kondisi rongga ketiga jembatan tersebut sudah rusak, berlobang, cetus Andi. 

Untuk menghindari terjadinya potensi kecelakaan yang mengancam keselamatan pengguna jalan, kiranya instansi yang berwenang segera memberikan perhatian untuk perbaikan maupun perawatannya, harapnya. 

Jalan By Pass Balige di Kabupaten Toba tersebut, diwacanakan sebagai jalan alternatif untuk mengurangi kemacetan di pusat Kota Balige. Selain itu, menjadi akses Jalan dalam mendorong kemajuan kepariwisataan di kawasan Danau Toba. Oleh karenanya, tentunya instansi terkait harus mengedepankan perawatan dan pemeliharaannya demi kenyamanan pengguna jalan masyarakat Toba dan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain rongga ketiga jembatan yang rusak, di badan jalan juga terdapat lobang yakni di daerah Tambunan. Ini juga sangat mengancam pengguna jalan. Mumpung lobang masih belum besar, kiranya secepatnya diperbaiki. Demikian halnya kondisi kedua bahu Jalan By Pass Balige yang diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, sudah bersemak. Selain mengganggu penglihatan  pengendara, dimana semak mulai merengsek ke badan Jalan, membuat jalan tampak kumuh tak terawat.

Terkait pemeliharaan Jalan By Pass Balige, awak Media MenaraToday, mencoba mengkonfirmasi Dinas PUTR Toba. Penyelenggaraan dan dan pemeliharaan Jalan By Pass Balige ini masih dalam kewenangan Balai Penyelenggara Jalan Nasional Kementerian PU. Namun terkait hal ini, kami akan mencoba melakukan koordinasi, ujar Jusmar Simamora selalu Sekdis PUTR Toba.(JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama