Sabtu Ceria Di Taman Tjimanoek Bersama Discapil Indramayu


MenaraToday.Com - Indramayu :

Taman Tjimanoek yang biasanya penuh dengan keceriaan anak-anak, kini telihat agak sepi. Kegiatan Sabtu Ceria di Taman Tjimanoek Indramayu yang biasanya diisi dengan penampilan para siswa PAUD, TK, SD, dan SMP kali ini tidak diliburkan sementara alangai mengingat menjelang Natal.

Namun libur tidak menghalangi jajaran Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Discapil) Indramayu untuk memberikan pelayaan kepada masyarakat.

Dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, Discapil Kabupaten Indramayu kembali melaksanakan kegiatan Pelayanan Langsung kepada masyarakat yang bertempat di Area Taman Tjimanoek Indramayu, Sabtu (24/12/2022).

Kepala Discapil Kabupaten Indramayu Mohammad Iskak Iskandar turun langsung memimpin pelayanan kepada masyarakat dengan didampingi Sekretaris Dinas (Sekdis) Discapil Kabupaten Indramayu Hasanudin, Kepala Bidang (Kabid) Dafduk Kanadi Monoisman, Kabid Capil Yayah Mulyasih, Analisis Dukcapil/Medsos/I-Ceta Usman dan Tim Pelayanan Dukcapil Cepat Indramayu.

Pada kesempatan tersebut Kadiscapil Indramayu Muhammad Iskak Iskandar memberikan pelayanan kepada masyarakat yang hadir dengan ramah memberikan penjelasan berkenaan dengan pelayanan Dukcapil di sabtu ceria ini.

Sementara itu Kabid Dafduk Discapil Kabupaten Indramayu Kanadi Monoisman menyampaikan, layanan Dukcapil diberikan secara maksimal kepada masyarakat Indramayu dan sekitarnya dimana kegiatan ini sudah terjadwal kan dan terpublikasikan kepada masyarakat.

"Dengan harapan semoga masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas pelayanan Dukcapil pada kegiatan Sabtu Ceria di Taman Ttimanoek ini dengan baik," katanya.

Adapun pelayanan yang diberikan kepada masyarakat berupa pelayanan dokumen kependudukan dalam bentuk perekaman dan pencetakan langsung Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi pemula usia 17 tahun, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran dan Akta Kematian.

Ditegaskan Kabid Difduk pada Disduk Kabupaten Indramayu Kanadi, layanan adminduk untuk KTP-el terus dimaksimalkan guna mendorong perisalan bagi para pemilih jelang pesta demokrasi tahun depan.

"Untuk layanan KTP-el kami maksimalkan untuk momen persiapan Pilkada dan Pilpres tahun 2024 dan bagi warga masyarakat dengan usia lebih dari usia 17 tahun bisa juga datang langsung kepelayanan Dukcapil," tambahnya

Selain itu, untuk ada layanan KIA dan Akte Kelahiran dapat dilakukan dengan membawa persyaratan KK, KTP-el orang tua.

Selanjutnya untuk pembuatan Akte Kematian juga dimaksimalkan, mengingat untuk mengklaim beberapa keperluan seperti asuaransi dan lainnya tidak cukup hanya dengan kartu kuning kematian dari desa saja.

Termasuk Discapil Kabupaten Indramayu sudah bisa melayani digital ID atau Kartu Tanda Penduduk Digital bertransformasi dari sistem manual ke digitalisi dengan mendorong masyarakat untuk melakukan aktifasi nomor kependudukan.

Adapun persyaratannya mempunyai handphone berbasis Android yang bisa aktivasi dengan mendownload aplikasi melalui playstore dan datang langsung di kantor kecamatan yang ada di Kabupaten Indramayu atau melalui fasilitas layanan langsung Dukcapil seperti sekarang ini.

“Dengan adanya layanan langsung Dukcapil ini semoga dapat bermanfaat dan memudahkan masyarakat dalam pengurusan administrasi dan mendapatkan kartu kependudukan sehingga dengan tertib kependudukan Indramayu Bermartabat ( Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat) bisa terwujud dengan baik.”ujarnya. (Rakiyah ilik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama