Siswa-Siswi SD Negeri 4 Langut Dibekali Ilmu Pencak Silat

MenaraToday.Com - Jndramayu :

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Langut Desa Langut, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu selain fokus pada peningkatan prestasi bidang akademik, juga berusaha meningkatkan bakat dan kemampuan anak didiknya.

Salah satunya melalui kegiatan ekstrakulikuler pencak silat. Bekerjasama dengan Perguruan Pencak Silat (PPS) Putra Setia,  jajaran SDN 4 Langut terus mengembangkan potensi anak didiknya dengan mengadakan latihan setiap Sabtu dan Minggu. Seperti yang terlihat pada Minggu (18/12/2022), di halaman sekolah sejumlah siswa terlihat antusias berlatih dibawah pengawasan guru. 

Pelatih Pencak Silat di SDN 4 Langut, yang juga sebagai Guru Besar dan Ketua PPS Putra Setia Abdul Latief menyebutkan, ekstrakulikuler dibuat untuk memperkenalkan olahraga bela diri kepada siswa sejak dini. 

"Kalau bukan sekarang, kapan lagi olahraga ini di ajarkan," katanya.

Menurutnya, selain sebagai olahraga dan pegangan diri ketika mendapat kesulitan, diharapkan siswa juga dipersiapkan dalam mengikuti perlombaan-perlombaan baik tingkat kecamatan, kabupaten dan provinsi.

"Pencak silat sebagai pegangan diri juga untuk dipersiapkan manakala siswa dan siswi mengikuti kejuaraan baik di tingkat kecamatan hingga provinsi nanti. Sehingga kita tidak kesulitan lagi mencari bibit ketika ada event olahraga pencak silat," ujarnya.

Diterangkan Abdul Latief, kegiatan latihan dilakukan di sekolah dalam seminggu dua kali yakni pada Sabtu selepas jam bebas belajar dan Minggu siang. Namun, jika ada momen tertentu, dirinya akan menambah jam latihan pada siswa dan siswi.

Diharapkan Ketua PPS Putra Setia Abdul Latief, prestasi di SDN 4 Langut terus ditorehkan, terutama pencak silat. Karena ia meyakini, dalam raga yang kuat, terdapat jiwa yang sehat. Selain itu kepada anak didiknya untuk menggunakan ilmu bela diri sebaik mungkin. Sebab, bela diri bukan untuk kesombongan, namun hanya digunakan ketika terdesak. 

Sementara itu Kepala SDN 4 Langut Darmono, dirinya merasa bangga. Pasalnya dari seluruh siswa-siswi yang berjumlah 85 murid hampir semuanya mengikuti Eskul pelatihan pencak silat yang dengan pelatih dari PPS Putra Setia.

"Besar harapan saya agar di tahun 2023 murid makin bertambah dan semoga apa yang sudah diberikan melalui pelatihan dapat mengharumkan nama sekolah dan daerah khususnya Kabupaten Indramayu dikancah Nasional," harapnya.

Selain Eskul pelatihan pencak silat, SDN 4 Langut juga memberikan pelatihan lainnya seperti Assesment Nasional Berbasis Komputer  (AMBK ), tenaga guru yang memadai, dan dilengkapi Wifi guna memudahkan siswa/siswi yang belajar.

“Tujuan sekolah adalah untuk memilih bibit unggul ketika ada acara lomba tingkat kecamatan maupun kabupaten, dengan tetap menerapkan Program-Program Unggulan Bupati Nina Agustina untuk Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat),” pungkasnya (Rakiyah ilik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama