Camat Widasari Pantau Ketersediaan Pupuk Bersubsidi

 

MenaraToday.Com - Indramayu :

Camat Widasari Sidik Tri Hartono didampingi Kapolsek Widasari AKP Warmad melakukan silaturahmi dan kunjungan ke kios pupuk bersubsidi Makmur Tani yang berlokasi di Blok Bunder RT. 011 RW.004 Desa Bunder Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu,

Sidik mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kedekatan antara pemerintah kecamatan dengan masyarakat, salah satunya pemilik kios pupuk.

Sehingga pemilik kios memiliki kepedulian untuk ikut andil dalam menyukseskan program ketahanan pangan serta pihak pemerintah dalam hal ini kecamatan dapat memperoleh informasi tentang permasalahan yang ada pada rantai distribusi produk pendukung pertanian tersebut.

“Dengan silaturahmi, komunikasi Forkopimcam dengan agen dan pemilik kios, pupuk lebih lancar sehingga ketika ada permasalahan di lapangan bisa dengan cepat dikoordinasikan,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, selain untuk bersilaturahmi, maksud dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk memastikan berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan produksi pertanian tersedia dengan jumlah yang cukup.

“Tujuan kami datang adalah untuk bersilaturahmi, serta memastikan ketersediaan pupuk dan obat-obatan pertanian, harga pupuk bersubsidi sesuai HET dan tepat sasaran, serta meminta pemilik kios ikut membantu menjelaskan kepada petani tentang pemakaian kartu tani,” ungkapnya Kamis (19/1/2023)

Dijelaskan Sidik, dari hasil kunjungan yang telah dilakukan, ketersediaan pupuk di toko tersebut berada dalam kategori aman dan berharap dengan mekanisme pemberian pupuk bersubsidi yang diterapkan oleh pemerintah, dapat diperolehnya data yang akurat mengenai jumlah lahan dan jumlah sasaran sehingga distribusi pupuk bersubsidi tepat harga dan tepat sasaran.

“Semoga penyaluran pupuk bersubsidi dengan mekanisme kartu tani dapat tepat sasaran,” harapnya.

Sementara itu, Rusyanto pemilik kios pupuk Makmur Tani mengucapkan terima kasih kepada Forkopimcam Widasari yang telah berkunjung ke tempat usahanya. Dirinya akan senantiasa mendukung program pemerintah sesuai dengan kapasitasnya serta akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait bila ditemukan permasalahan sehingga dapat segera dilakukan tindak lanjut.

“Kami akan berusaha kooperatif dengan berbagai regulasi yang diterapkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Diketahui alokasi pupuk bersubsidi yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu sesuai dengan Keputusan Bupati Indramayu Nomor 521.33/Kep.468-DKPP/2022 Tentang Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian di Kabupaten Indramayu Tahun 2023 untuk Kecamatan Widasari sebesar 1,214,962 Kg untuk pupuk urea dan 825,628 Kg untuk NPK. (Rakiyah ilik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama